...

Rate Card Tiktok

3 min read

Sebagai salah satu platform media sosial yang semakin populer, TikTok telah menjadi pusat perhatian bagi banyak marketer dan bisnis. Dengan jutaan pengguna aktif setiap hari, TikTok menawarkan peluang yang tak terbatas untuk memperluas jangkauan merek Anda dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Namun, sebelum Anda memulai kampanye iklan TikTok, penting untuk memahami rate card TikTok. Rate card TikTok adalah panduan yang berisi informasi tentang harga iklan di platform ini. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang rate card TikTok dan memberi Anda wawasan tentang biaya iklan TikTok.

Apa itu Rate Card TikTok?

Rate card TikTok adalah dokumen yang berisi daftar harga iklan untuk berbagai jenis kampanye iklan di TikTok. Ini mencakup berbagai format iklan seperti iklan instream, iklan brand takeover, iklan top view, iklan hashtag challenge, iklan branded effect, dan lainnya.

Dengan rate card TikTok, Anda dapat melihat berapa banyak biaya yang perlu Anda alokasikan untuk kampanye iklan TikTok Anda. Dokumen ini memberikan gambaran tentang harga untuk berbagai jenis kampanye dan membantu Anda merencanakan anggaran iklan Anda dengan lebih baik.

Jenis-jenis Iklan TikTok

Sebelum membahas lebih lanjut tentang rate card TikTok, mari kita lihat jenis-jenis iklan yang ditawarkan oleh platform ini.

1. Iklan Instream

Iklan instream TikTok adalah iklan video yang muncul di antara video TikTok yang sedang ditonton pengguna. Mereka memiliki durasi 5 hingga 15 detik dan dapat dilewati setelah beberapa detik. Iklan instream dapat muncul baik di feed utama maupun di halaman “Untuk Anda”.

Biaya iklan instream TikTok dapat bervariasi tergantung pada durasi iklan, target audiens, dan negara tujuan. Harga iklan instream TikTok umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan iklan di platform media sosial lainnya karena tingginya tingkat keterlibatan pengguna TikTok.

2. Iklan Brand Takeover

Iklan brand takeover TikTok adalah iklan fullscreen yang muncul saat pengguna pertama kali membuka aplikasi TikTok. Iklan ini memiliki durasi 3 hingga 5 detik dan biasanya berisi pesan brand yang menarik.

Iklan brand takeover TikTok sangat efektif untuk membangun kesadaran merek karena muncul pada saat pengguna pertama kali membuka aplikasi. Namun, karena tingginya tingkat paparan, biaya iklan brand takeover TikTok juga bisa relatif mahal.

3. Iklan Top View

Iklan top view TikTok adalah iklan video fullscreen yang muncul saat pengguna membuka aplikasi TikTok. Iklan ini memiliki durasi hingga 60 detik dan dapat berisi konten video yang menarik pengguna.

Biaya iklan top view TikTok lebih tinggi dibandingkan dengan iklan instream dan iklan brand takeover karena tingginya tingkat paparan dan durasi iklan yang lebih lama. Namun, iklan top view TikTok juga memberikan kesempatan yang lebih baik bagi merek untuk menyampaikan pesan mereka dengan lebih detail.

4. Iklan Hashtag Challenge

Iklan hashtag challenge TikTok adalah kampanye iklan yang mengajak pengguna untuk berpartisipasi dalam tantangan kreatif berdasarkan hashtag tertentu. Merek dapat membuat tantangan kreatif yang sesuai dengan nilai merek mereka dan mendorong pengguna untuk membuat konten yang relevan.

Biaya iklan hashtag challenge TikTok dapat bervariasi tergantung pada popularitas hashtag, durasi kampanye, dan tingkat keterlibatan yang diharapkan. Iklan hashtag challenge TikTok adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek dan melibatkan pengguna dengan merek Anda.

5. Iklan Branded Effect

Iklan branded effect TikTok adalah iklan yang memungkinkan merek untuk membuat efek khusus yang dapat digunakan oleh pengguna dalam video mereka. Efek ini dapat berupa filter wajah, filter lingkungan, atau efek lainnya yang relevan dengan merek.

Biaya iklan branded effect TikTok bervariasi tergantung pada kompleksitas efek, durasi kampanye, dan popularitas efek yang diharapkan. Iklan branded effect TikTok memberikan kesempatan unik bagi merek untuk berinteraksi langsung dengan pengguna dan memperkuat kesan merek mereka.

Rate Card TikTok

Setelah mengetahui jenis-jenis iklan TikTok, sekarang saatnya membahas rate card TikTok. Sebagai platform yang berkembang pesat, TikTok terus memperbarui dan mengubah tarif iklan mereka. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperbarui informasi terbaru tentang rate card TikTok melalui situs web mereka atau menghubungi tim penjualan TikTok.

Berikut ini adalah daftar umum harga untuk berbagai jenis iklan TikTok:

  1. Iklan Instream:
    • Iklan Instream Umum: Rp 10.000 – Rp 50.000 per 1.000 tayangan
    • Iklan Instream Premium: Rp 50.000 – Rp 100.000 per 1.000 tayangan
  2. Iklan Brand Takeover: Rp 100.000 – Rp 500.000 per hari
  3. Iklan Top View: Rp 200.000 – Rp 1.000.000 per hari
  4. Iklan Hashtag Challenge: Rp 100.000 – Rp 500.000 per hari
  5. Iklan Branded Effect: Rp 50.000 – Rp 300.000 per hari

Perlu diingat bahwa harga iklan TikTok dapat bervariasi tergantung pada banyak faktor seperti target audiens, negara tujuan, durasi kampanye, dan tingkat keterlibatan yang diharapkan. Juga, harga yang tercantum di atas dapat berubah sewaktu-waktu, oleh karena itu selalu periksa rate card TikTok terbaru sebelum merencanakan kampanye iklan Anda.

Menyusun Anggaran Iklan TikTok

Sekarang bahwa Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang rate card TikTok, saatnya untuk menyusun anggaran iklan TikTok. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Tentukan tujuan kampanye Anda: Apakah Anda ingin meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan keterlibatan pengguna, atau meningkatkan penjualan? Menentukan tujuan Anda akan membantu Anda memilih jenis iklan yang tepat dan mengalokasikan anggaran dengan bijak.
  2. Tentukan target audiens: Siapa target audiens Anda? Apakah mereka berada di dalam atau di luar TikTok? Dengan mengetahui target audiens Anda, Anda dapat menentukan jenis iklan yang paling efektif dan mengoptimalkan pengeluaran iklan Anda.
  3. Tentukan anggaran iklan: Berapa banyak uang yang siap Anda alokasikan untuk kampanye iklan TikTok Anda? Setelah mengetahui tarif iklan TikTok dan tujuan kampanye Anda, Anda dapat menentukan anggaran yang sesuai.
  4. Pilih jenis iklan yang tepat: Berdasarkan tujuan dan target audiens Anda, pilih jenis iklan yang tepat untuk kampanye Anda. Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan keterlibatan pengguna, iklan hashtag challenge dapat menjadi pilihan yang baik.
  5. Rencanakan jadwal kampanye: Tentukan durasi kampanye Anda dan jadwal iklan Anda. Apakah Anda ingin menjalankan kampanye iklan selama beberapa hari atau beberapa minggu? Menentukan jadwal kampanye Anda akan membantu Anda mengatur anggaran Anda dengan lebih baik.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menggunakan rate card TikTok sebagai panduan, Anda dapat menyusun anggaran iklan TikTok yang efektif dan mengoptimalkan kinerja kampanye Anda.

Kesimpulan

TikTok merupakan platform media sosial yang menawarkan peluang luar biasa bagi merek untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan keterlibatan dengan audiens baru. Dalam artikel ini, kami telah membahas rate card TikTok dan memberikan wawasan tentang harga iklan TikTok.

Penting untuk selalu memperbarui informasi terbaru tentang rate card TikTok melalui situs web resmi TikTok atau menghubungi tim penjualan TikTok, karena tarif iklan dapat berubah sewaktu-waktu. Dengan memahami rate card TikTok dan menyusun anggaran iklan yang tepat, Anda dapat merencanakan kampanye iklan TikTok yang efektif dan mencapai tujuan pemasaran Anda.

1 Koin Tiktok Berapa Rupiah

Investasi Rumah Ico - investasirumah.com Admin
2 min read

Harga 1 Koin Tiktok

Investasi Rumah Ico - investasirumah.com Admin
2 min read

Gaji Tiktokers

Investasi Rumah Ico - investasirumah.com Admin
2 min read

Leave a Reply