...

Cara Memindahkan File Google Drive Ke Akun Lain

10 min read

Google Drive adalah salah satu layanan penyimpanan awan yang sangat populer dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Dengan Google Drive, pengguna dapat menyimpan berbagai jenis file seperti dokumen, foto, video, dan banyak lagi. Namun, terkadang ada situasi di mana Anda perlu memindahkan file dari satu akun Google Drive ke akun lainnya. Mungkin Anda berganti akun, atau mungkin Anda perlu berbagi file dengan orang lain yang menggunakan akun Google Drive yang berbeda.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara memindahkan file dari Google Drive ke akun lain. Kami akan menjelaskan metode yang berbeda yang dapat Anda gunakan, termasuk menggunakan fitur bawaan Google Drive, aplikasi pihak ketiga, atau bahkan menggunakan Google Drive API untuk memindahkan file secara otomatis. Mari kita jelajahi langkah-langkahnya!

Menggunakan Fitur “Bagikan” di Google Drive

Metode pertama yang dapat Anda gunakan untuk memindahkan file dari Google Drive ke akun lain adalah dengan menggunakan fitur “Bagikan” di Google Drive. Fitur ini memungkinkan Anda untuk berbagi file dengan pengguna lain dan juga memindahkan file ke akun Google Drive mereka. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Google Drive

Pertama, buka Google Drive melalui browser Anda dan masuk ke akun Google Drive yang berisi file yang ingin Anda pindahkan.

Langkah 2: Pilih File yang Ingin Dibagikan

Pilih file yang ingin Anda pindahkan ke akun lain dengan mencentang kotak di samping nama file tersebut. Anda juga dapat memilih beberapa file sekaligus dengan menahan tombol Ctrl (di Windows) atau Command (di Mac) saat memilih file.

Langkah 3: Klik Tombol “Bagikan”

Setelah memilih file, klik tombol “Bagikan” di bagian atas jendela Google Drive. Sebuah jendela pop-up akan muncul dengan beberapa opsi untuk membagikan file.

Langkah 4: Masukkan Alamat Email atau Nama Pengguna Akun Tujuan

Masukkan alamat email atau nama pengguna akun tujuan yang ingin Anda pindahkan file kepadanya. Jika Anda tidak yakin tentang alamat email atau nama pengguna akun tujuan, Anda dapat meminta informasinya dari pemilik akun tersebut.

Langkah 5: Pilih Hak Akses yang Diinginkan

Setelah memasukkan alamat email atau nama pengguna akun tujuan, Anda dapat memilih hak akses yang diinginkan untuk file yang ingin Anda pindahkan. Anda dapat memilih antara memberikan hak akses “Melihat”, “Mengedit”, atau “Komentar” kepada pengguna akun tujuan.

Langkah 6: Klik “Kirim”

Setelah memilih hak akses yang diinginkan, klik tombol “Kirim”. Pengguna akun tujuan akan menerima email pemberitahuan bahwa Anda telah membagikan file dengan mereka.

Langkah 7: Pengguna Akun Tujuan Menerima File

Setelah pengguna akun tujuan menerima email pemberitahuan, mereka dapat membuka email tersebut dan mengklik tautan yang disediakan untuk mengakses file yang Anda bagikan. Dari sana, mereka dapat memindahkan file ke akun Google Drive mereka sendiri dengan mengklik tombol “Tambahkan ke Drive Saya” atau “Salin ke Drive Saya”.

Dengan menggunakan fitur “Bagikan” di Google Drive, Anda dapat dengan mudah memindahkan file dari satu akun Google Drive ke akun lainnya. Metode ini sangat sederhana dan cocok untuk memindahkan file ke beberapa pengguna akun Google Drive lainnya. Namun, jika Anda perlu memindahkan banyak file sekaligus atau ingin memiliki kontrol yang lebih besar atas proses pemindahan file, ada metode lain yang dapat Anda gunakan.

Mengunduh dan Mengunggah secara Manual

Jika Anda tidak ingin menggunakan fitur “Bagikan” di Google Drive, Anda juga dapat memindahkan file dari Google Drive ke akun lain dengan mengunduh dan mengunggah secara manual. Metode ini mungkin memakan sedikit lebih banyak waktu dan usaha, tetapi memberi Anda lebih banyak kontrol atas proses pemindahan file. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Google Drive

Pertama, buka Google Drive melalui browser Anda dan masuk ke akun Google Drive yang berisi file yang ingin Anda pindahkan.

Langkah 2: Pilih File yang Ingin Dijadikan File Zip

Pilih file yang ingin Anda pindahkan ke akun lain dengan mencentang kotak di samping nama file tersebut. Anda juga dapat memilih beberapa file sekaligus dengan menahan tombol Ctrl (di Windows) atau Command (di Mac) saat memilih file.

Langkah 3: Klik Kanan dan Pilih “Unduh”

Setelah memilih file, klik kanan pada salah satu file yang dipilih dan pilih opsi “Unduh” dari menu konteks yang muncul. Google Drive akan mengompres file-file tersebut menjadi file zip dan mulai mengunduhnya ke komputer Anda.

Langkah 4: Ekstrak File Zip

Setelah file zip selesai diunduh, ekstrak file zip tersebut dengan mengklik ganda pada file zip atau menggunakan aplikasi ekstraksi file seperti WinRAR atau 7-Zip. Setelah diekstrak, Anda akan memiliki salinan lokal dari file-file tersebut di komputer Anda.

Langkah 5: Buka Akun Google Drive Tujuan

Buka akun Google Drive tujuan melalui browser Anda dan masuk ke akun Google Drive tersebut. Pastikan Anda masuk dengan akun yang benar sebelum melanjutkan langkah selanjutnya.

Langkah 6: Pilih Folder Tujuan

Pilih folder di akun Google Drive tujuan tempat Anda ingin menyimpan file yang akan dipindahkan. Jika Anda ingin membuat folder baru, klik tombol “Buat” dan beri nama folder tersebut.

Langkah 7: Klik Tombol “Unggah”

Setelah memilih folder tujuan, klik tombol “Unggah” di bagian atas jendela Google Drive. Sebuah jendela pop-up akan muncul, meminta Anda untuk memilih file atau folder yang ingin diunggah.

Langkah 8: Pilih File yang Sudah Diekstrak

Pilih file-file yang sudah diekstrak dari file zip sebelumnya. Anda dapat memilih beberapa file sekaligus dengan menahan tombol Ctrl (di Windows) atau Command (di Mac) saat memilih file.

Langkah 9: Klik Tombol “Buka”

Setelah memilih file yang ingin Anda unggah, klik tombol “Buka”. Google Drive akan mulai mengunggah file-file tersebut ke akun Google Drive tujuan. Proses ini mungkin memakan beberapa waktu tergantung pada ukuran file dan kecepatan internet Anda.

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat memindahkan file dari Google Drive ke akun lain dengan mengunduh file dari akun Google Drive lama dan mengunggahnya ke akun Google Drive baru secara manual. Metode ini lebih cocok untuk memindahkan beberapa file atau jika Anda ingin mengendalikan pemindahan file secara lebih rinci. Namun, jika Anda perlu memindahkan banyak file sekaligus atau ingin memiliki kontrol yang lebih besar atas proses pemindahan file, ada metode lain yang dapat Anda gunakan.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Metode ketiga yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memindahkan file antara akun Google Drive. Ada banyak aplikasi yang tersedia di web yang dapat membantu Anda melakukan ini dengan cepat dan mudah. Berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat Anda ikuti:

Langkah 1: Cari dan Pilih Aplikasi Pihak Ketiga

Cari di web atau toko aplikasi untuk menemukan aplikasi pihak ketiga yangmenyediakan fitur pemindahan file antara akun Google Drive. Pastikan untuk memilih aplikasi yang terpercaya dan memiliki ulasan positif dari pengguna lain.

Langkah 2: Unduh dan Instal Aplikasi

Setelah menemukan aplikasi yang Anda pilih, unduh dan instal aplikasi tersebut di perangkat Anda. Pastikan untuk mengikuti petunjuk instalasi yang diberikan oleh pengembang aplikasi.

Langkah 3: Buka Aplikasi dan Masuk dengan Akun Google Anda

Buka aplikasi yang sudah diinstal dan ikuti langkah-langkah untuk masuk atau menghubungkan aplikasi dengan akun Google Anda. Pastikan untuk memberikan izin yang diperlukan agar aplikasi dapat mengakses file di Google Drive Anda.

Langkah 4: Pilih Sumber dan Tujuan Akun Google Drive

Setelah masuk, pilih akun Google Drive yang akan menjadi sumber file yang ingin Anda pindahkan dan akun Google Drive yang akan menjadi tujuan file yang ingin dipindahkan. Pastikan untuk memasukkan detail akun dengan benar.

Langkah 5: Pilih dan Konfirmasi File yang Ingin Dipindahkan

Pilih file atau folder yang ingin Anda pindahkan dari akun Google Drive sumber. Biasanya, aplikasi akan menampilkan daftar file yang tersedia di akun Google Drive Anda. Pilih file atau folder yang ingin dipindahkan dan konfirmasikan tindakan tersebut.

Langkah 6: Tunggu Proses Pemindahan Selesai

Tunggu aplikasi menyelesaikan proses pemindahan file. Lamanya waktu yang dibutuhkan tergantung pada ukuran file yang dipindahkan dan kecepatan internet Anda. Pastikan untuk tetap terhubung dengan internet selama proses ini berlangsung.

Langkah 7: Verifikasi Pemindahan

Setelah proses pemindahan selesai, verifikasi bahwa file telah berhasil dipindahkan ke akun Google Drive tujuan. Buka akun Google Drive tujuan dan periksa folder atau direktori yang sesuai untuk memastikan bahwa file telah dipindahkan dengan benar.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat memindahkan file dari satu akun Google Drive ke akun lain dengan cepat dan efisien. Metode ini sangat berguna jika Anda perlu memindahkan banyak file sekaligus atau ingin menggunakan fitur tambahan yang mungkin tidak tersedia dalam Google Drive.

Menggunakan Google Takeout

Google Takeout adalah layanan yang disediakan oleh Google untuk memungkinkan pengguna mengunduh semua data mereka dari berbagai produk Google, termasuk Google Drive. Anda dapat menggunakan layanan ini untuk mengunduh file dari akun Google Drive lama dan mengunggahnya ke akun Google Drive baru. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Google Takeout

Buka browser dan pergi ke situs web Google Takeout (https://takeout.google.com). Pastikan Anda masuk dengan akun Google yang berisi file yang ingin Anda pindahkan.

Langkah 2: Pilih Data yang Ingin Diunduh

Di halaman Google Takeout, Anda akan melihat daftar semua produk Google yang tersedia untuk diunduh. Pastikan untuk memeriksa dan memilih kotak di samping “Drive” untuk mengunduh data dari Google Drive Anda.

Langkah 3: Sesuaikan Pengaturan Unduhan

Setelah memilih “Drive”, Anda dapat menyesuaikan pengaturan unduhan sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat memilih format file, ukuran file maksimum, dan frekuensi unduhan. Jika Anda hanya ingin memindahkan file tertentu, Anda dapat memilih “Spesifik folder” dan memilih folder yang ingin Anda pindahkan.

Langkah 4: Klik “Berikutnya”

Setelah Anda mengatur pengaturan unduhan, klik tombol “Berikutnya” di bagian bawah halaman.

Langkah 5: Pilih Metode Pengiriman

Di halaman berikutnya, pilih metode pengiriman yang diinginkan untuk file yang akan diunduh. Anda dapat memilih antara mengirimkan tautan unduhan melalui email atau menyimpan file langsung ke Google Drive Anda.

Langkah 6: Klik “Buat Arsip”

Setelah memilih metode pengiriman, klik tombol “Buat Arsip” untuk memulai proses pembuatan arsip. Google Takeout akan mulai mengumpulkan dan mengemas semua file dari Google Drive Anda sesuai dengan pengaturan yang Anda tentukan.

Langkah 7: Tunggu Proses Pembuatan Arsip Selesai

Tunggu hingga proses pembuatan arsip selesai. Lamanya waktu yang dibutuhkan tergantung pada ukuran file yang ada di Google Drive Anda. Anda akan menerima email pemberitahuan ketika arsip Anda siap untuk diunduh.

Langkah 8: Unduh dan Unggah ke Akun Baru

Setelah menerima email pemberitahuan, buka email tersebut dan ikuti tautan untuk mengunduh arsip. Setelah mengunduh arsip, ekstrak file-file tersebut dan unggah ke akun Google Drive baru dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dengan menggunakan Google Takeout, Anda dapat dengan mudah memindahkan semua file dari akun Google Drive lama ke akun Google Drive baru. Metode ini sangat berguna jika Anda ingin memindahkan semua data Anda dari satu akun Google ke akun lain atau jika Anda ingin membuat salinan cadangan data Anda.

Memindahkan File Antar Folder di Akun Google Drive

Jika Anda hanya perlu memindahkan file antar folder di akun Google Drive yang sama, Anda dapat menggunakan fitur “Pindahkan ke” yang disediakan oleh Google Drive. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Google Drive

Buka Google Drive melalui browser Anda dan masuk ke akun Google Drive yang berisi file yang ingin Anda pindahkan antar folder.

Langkah 2: Pilih File yang Ingin Dipindahkan

Pilih file yang ingin Anda pindahkan antar folder dengan mencentang kotak di samping nama file tersebut. Anda juga dapat memilih beberapa file sekaligus dengan menahan tombol Ctrl (di Windows) atau Command (di Mac) saat memilih file.

Langkah 3: Klik Kanan dan Pilih “Pindah ke”

Setelah memilih file, klik kanan pada salah satu file yang dipilih dan pilih opsi “Pindah ke” dari menu konteks yang muncul. Google Drive akan menampilkan daftar folder yang tersedia di akun Anda.

Langkah 4: Pilih Folder Tujuan

Pilih folder tujuan di mana Anda ingin memindahkan file tersebut. Jika Anda ingin membuat folder baru, klik tombol “Buat” dan beri nama folder baru tersebut.

Langkah 5: Klik “Pindahkan”

Setelah memilih folder tujuan, klik tombol “Pindahkan”. Google Drive akan memindahkan file tersebut ke folder tujuan yang Anda tentukan.

Dengan menggunakan fitur “Pindahkan ke” di Google Drive, Anda dapat dengan mudah memindahkan file antar folder di akun yang sama. Metode ini sangat sederhana dan tidak memerlukan unduhan atau unggahan file tambahan. Ini merupakan solusi yang sempurna jika Anda hanya perlu mengatur ulang struktur folder Anda di Google Drive.

Memindahkan File dengan Google Drive API

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis dan ingin memindahkan file secara otomatis antara akun Google Drive, Anda dapat menggunakan Google Drive API. API ini memungkinkan Anda untuk mengotomatisasi tugas pemindahan file dan membuat skrip kustom sesuai kebutuhan Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang umumnya diperlukan:

Langkah 1: Persiapkan Lingkungan Pengembangan

Untuk menggunakan Google Drive API, Anda perlu mempersiapkan lingkungan pengembangan yang sesuai. Anda perlu memiliki pengetahuan dasar tentangpengembangan web dan menggunakan bahasa pemrograman seperti Python atau JavaScript. Pastikan untuk mengikuti panduan resmi Google Drive API untuk mempelajari cara mempersiapkan lingkungan pengembangan yang tepat.

Langkah 2: Buat Proyek dan Aktifkan Drive API

Setelah lingkungan pengembangan Anda siap, buat proyek baru di Console Pengembang Google dan aktifkan Drive API. Anda akan menerima kunci API yang diperlukan untuk mengakses Google Drive API.

Langkah 3: Buat Skrip Pemindahan

Setelah kunci API Anda siap, buat skrip kustom menggunakan bahasa pemrograman yang Anda kuasai. Anda dapat menggunakan dokumentasi resmi Google Drive API untuk mempelajari cara menggunakan API dan melakukan pemindahan file antara akun Google Drive.

Langkah 4: Autentikasi dan Otorisasi

Pastikan untuk mengatur autentikasi dan otorisasi yang diperlukan agar skrip Anda dapat mengakses file di akun Google Drive. Anda perlu menghasilkan token akses yang valid agar skrip dapat mengakses file di Google Drive Anda.

Langkah 5: Jalankan Skrip Pemindahan

Setelah semuanya siap, jalankan skrip pemindahan untuk memindahkan file antara akun Google Drive. Pastikan untuk menguji skrip dengan cermat dan memastikan bahwa pemindahan file berjalan dengan lancar.

Dengan menggunakan Google Drive API, Anda dapat membuat skrip kustom yang memungkinkan Anda memindahkan file secara otomatis antara akun Google Drive. Metode ini cocok jika Anda memiliki pengetahuan teknis dan ingin mengotomatisasi proses pemindahan file.

Menggunakan Aplikasi Sinkronisasi Google Drive

Jika Anda menggunakan aplikasi sinkronisasi Google Drive di komputer Anda, Anda dapat memindahkan file dengan menyalinnya ke folder sinkronisasi di komputer dan membiarkan aplikasi sinkronisasi mengunggahnya ke akun Google Drive baru. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Folder Sinkronisasi Google Drive

Buka folder sinkronisasi Google Drive di komputer Anda. Biasanya, folder ini terletak di PC (Windows) atau Finder (Mac) dengan nama “Google Drive”.

Langkah 2: Buka Akun Google Drive Tujuan

Buka akun Google Drive tujuan melalui browser Anda dan masuk ke akun Google Drive tersebut.

Langkah 3: Pilih File yang Ingin Dipindahkan

Pilih file yang ingin Anda pindahkan dari akun Google Drive lama dengan menyalinnya ke folder sinkronisasi Google Drive.

Langkah 4: Tunggu Sinkronisasi Selesai

Tunggu aplikasi sinkronisasi Google Drive menyelesaikan proses sinkronisasi. Aplikasi ini akan secara otomatis mengunggah file-file yang Anda salin ke akun Google Drive tujuan.

Langkah 5: Verifikasi Pemindahan

Setelah sinkronisasi selesai, buka akun Google Drive tujuan dan periksa folder atau direktori yang sesuai untuk memastikan bahwa file telah berhasil dipindahkan.

Dengan menggunakan aplikasi sinkronisasi Google Drive, Anda dapat dengan mudah memindahkan file ke akun Google Drive baru dengan menyalinnya ke folder sinkronisasi. Metode ini sangat cocok jika Anda sudah menggunakan aplikasi sinkronisasi Google Drive di komputer Anda dan ingin memindahkan file dengan cepat dan mudah.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Sinkronisasi

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan fitur sinkronisasi antara akun Google Drive untuk memindahkan file. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Cari dan Pilih Aplikasi Sinkronisasi

Cari di web atau toko aplikasi untuk menemukan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan fitur sinkronisasi antara akun Google Drive. Pastikan untuk memilih aplikasi yang terpercaya dan memiliki ulasan positif dari pengguna lain.

Langkah 2: Unduh dan Instal Aplikasi

Setelah menemukan aplikasi yang Anda pilih, unduh dan instal aplikasi tersebut di perangkat Anda. Pastikan untuk mengikuti petunjuk instalasi yang diberikan oleh pengembang aplikasi.

Langkah 3: Buka Aplikasi dan Masuk dengan Akun Google Anda

Buka aplikasi yang sudah diinstal dan ikuti langkah-langkah untuk masuk atau menghubungkan aplikasi dengan akun Google Anda. Pastikan untuk memberikan izin yang diperlukan agar aplikasi dapat mengakses file di Google Drive Anda.

Langkah 4: Sinkronisasi Akun Google Drive

Setelah masuk, ikuti petunjuk di aplikasi untuk mengatur dan mengkonfigurasi sinkronisasi antara akun Google Drive Anda. Anda mungkin perlu memasukkan detail akun Google Drive lama dan baru serta mengatur opsi sinkronisasi yang diinginkan.

Langkah 5: Tunggu Proses Sinkronisasi Selesai

Tunggu aplikasi menyelesaikan proses sinkronisasi antara akun Google Drive lama dan baru. Lamanya waktu yang dibutuhkan tergantung pada jumlah dan ukuran file yang harus disinkronkan.

Langkah 6: Verifikasi Pemindahan

Setelah sinkronisasi selesai, buka akun Google Drive baru dan periksa folder atau direktori yang sesuai untuk memastikan bahwa file telah berhasil dipindahkan.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk sinkronisasi, Anda dapat dengan mudah memindahkan file antara akun Google Drive. Metode ini sangat berguna jika Anda memiliki banyak file yang perlu dipindahkan atau jika Anda ingin menggunakan fitur tambahan yang mungkin tidak tersedia dalam Google Drive.

Memindahkan File Antar Akun dengan Bantuan Orang Lain

Jika Anda tidak ingin repot melakukannya sendiri, Anda juga dapat meminta bantuan orang lain untuk memindahkan file antara akun Google Drive. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pilih Orang yang Akan Membantu

Tentukan orang yang akan membantu Anda dalam proses pemindahan file. Pastikan untuk memilih seseorang yang memiliki pengetahuan tentang Google Drive dan berpengalaman dalam memindahkan file antara akun Google Drive.

Langkah 2: Bagikan Akses ke Akun Google Drive Anda

Berikan akses ke akun Google Drive Anda kepada orang yang akan membantu Anda. Anda dapat mengatur akses sebagai editor atau kolaborator tergantung pada tingkat akses yang Anda inginkan.

Langkah 3: Berikan Petunjuk dan Instruksi

Berikan petunjuk dan instruksi yang jelas kepada orang yang akan membantu Anda. Jelaskan dengan rinci file mana yang perlu dipindahkan, ke akun Google Drive mana, dan dalam folder mana file-file tersebut harus ditempatkan.

Langkah 4: Pantau Proses Pemindahan

Pantau proses pemindahan file dan berkomunikasi secara teratur dengan orang yang membantu Anda. Pastikan untuk memberikan bantuan atau menjawab pertanyaan yang mungkin timbul selama proses pemindahan.

Langkah 5: Verifikasi Pemindahan

Setelah proses pemindahan selesai, verifikasi bahwa file telah berhasil dipindahkan dengan memeriksa akun Google Drive tujuan. Pastikan bahwa file-file tersebut berada di folder yang tepat dan dapat diakses dengan benar.

Dengan meminta bantuan orang lain, Anda dapat memindahkan file antara akun Google Drive tanpa harus melakukannya sendiri. Metode ini cocok jika Anda tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk melakukannya sendiri atau jika Anda ingin memastikan pemindahan file dilakukan oleh seseorang yang berpengalaman.

Menghapus File dari Akun Lama

Setelah Anda berhasil memindahkan file ke akun Google Drive baru, Anda mungkin ingin menghapus file dari akun Google Drive lama agar tidak perlu menyimpan duplikat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Akun Google Drive Lama

Buka akun Google Drive lama melalui browser Anda dan masuk ke akun Google Drive tersebut.

Langkah 2: Pilih File yang Ingin Dihapus

Pilih file yang ingin Anda hapus dari akun Google Drive lama. Anda dapat memilih beberapa file sekaligus dengan menahan tombol Ctrl (di Windows) atau Command (di Mac) saat memilih file.

Langkah 3: Klik Kanan dan Pilih “Hapus”

Setelah memilih file, klik kanan pada salah satu file yang dipilih dan pilih opsi “Hapus” dari menu konteks yang muncul. Google Drive akan memindahkan file-file tersebut ke folder “Sampah”.

Langkah 4: Buka Folder “Sampah”

Setelah memindahkan file ke folder “Sampah”, buka folder tersebut di akun Google Drive lama. Folder “Sampah” berada di panel sisi kiri Google Drive.

Langkah 5: Pilih File yang Ingin Dihapus Secara Permanen

Pilih file yang ingin Anda hapus secara permanen dari folder “Sampah”. Anda dapat memilih beberapa file sekaligus dengan menahan tombol Ctrl (di Windows) atau Command (di Mac) saat memilih file.

Langkah 6: Klik Kanan dan Pilih “Hapus secara permanen”

Setelah memilih file, klik kanan pada salah satu file yang dipilih dan pilih opsi “Hapus secara permanen” dari menu konteks yang muncul. Google Drive akan menghapus file-file tersebut secara permanen dari akun Google Drive lama.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menghapus file yang telah Anda pindahkan ke akun Google Drive baru dari akun Google Drive lama. Pastikan untuk memeriksa dan memastikan bahwa file-file tersebut telah berhasil dipindahkan sebelum menghapusnya secara permanen.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara memindahkan file dari Google Drive ke akun lain. Kami telah menjelaskan berbagai metode yang dapat Anda gunakan, mulai dari menggunakan fitur bawaan Google Drive hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga atau Google Drive API. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Memindahkan file antara akun Google Drive dapat menjadi tugas yang rumit, terutama jika Anda memiliki banyak file atau jika Anda perlu menjaga integritas dan struktur file yang ada. Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum memulai proses pemindahan dan selalu mengamankan file-file penting sebelum memulai proses tersebut.

Semoga panduan ini bermanfaat dan membantu Anda dalam memindahkan file dengan mudah dan efisien antara akun Google Drive. Jika Anda mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati, Anda akan dapat memindahkan file dengan sukses dan menjaga keamanan serta kerapihan data Anda.

Leave a Reply