...

Cara Membuat Kelas Di Google Classroom

7 min read

Saat ini, teknologi telah membawa perubahan besar dalam pendidikan. Salah satu platform yang semakin populer digunakan oleh para pengajar dan siswa adalah Google Classroom. Google Classroom adalah alat pembelajaran virtual yang memungkinkan pengajar untuk membuat kelas online, mengunggah materi pembelajaran, memberikan tugas, dan berkomunikasi dengan siswa.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat kelas di Google Classroom. Kami akan menjelaskan langkah-langkah detail yang diperlukan untuk membuat kelas online yang efektif dan efisien. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat memanfaatkan semua fitur yang ditawarkan oleh Google Classroom dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif bagi siswa Anda.

Membuat Akun Google Classroom

Sebelum Anda dapat membuat kelas di Google Classroom, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun Google Classroom. Untuk melakukannya, Anda perlu memiliki akun Google yang valid. Jika Anda belum memiliki akun Google, Anda dapat membuatnya dengan mudah di situs web Google. Setelah memiliki akun Google, kunjungi situs web Google Classroom dan login menggunakan akun Google Anda.

Mengatur Profil Pengajar

Setelah berhasil login, langkah berikutnya adalah mengatur profil pengajar Anda. Pilih opsi “Profil” atau “Pengaturan Profil” di menu navigasi dan lengkapi informasi pribadi Anda. Anda dapat menambahkan foto profil, mengisi deskripsi singkat tentang diri Anda, dan memilih preferensi pengajaran Anda. Pastikan untuk memberikan informasi yang jelas dan relevan agar siswa dapat mengenal Anda dengan baik.

Membuat Kelas Baru

Selanjutnya, Anda perlu membuat kelas baru di Google Classroom. Untuk melakukannya, klik tombol “Tambahkan” atau “Buat Kelas Baru” di halaman utama Google Classroom. Beri nama kelas dengan jelas dan deskripsikan secara singkat tujuan kelas tersebut. Setelah itu, Anda dapat memilih gambar yang relevan sebagai ikon kelas. Ikuti petunjuk selanjutnya untuk menyelesaikan proses pembuatan kelas.

Undang Siswa ke Kelas

Setelah kelas dibuat, langkah selanjutnya adalah mengundang siswa ke dalam kelas tersebut. Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengundang siswa. Salah satunya adalah dengan memberikan kode kelas kepada siswa dan meminta mereka untuk bergabung menggunakan kode tersebut. Anda juga dapat mengundang siswa secara individu menggunakan alamat email mereka. Pastikan untuk menjelaskan kepada siswa cara bergabung dengan kelas Anda.

Mengatur Pengaturan Kelas Dasar

Setelah siswa bergabung dengan kelas Anda, Anda dapat mengatur pengaturan dasar untuk kelas tersebut. Pilih opsi “Pengaturan Kelas” atau “Pengaturan” di menu navigasi. Di sini, Anda dapat mengatur preferensi seperti mengizinkan siswa untuk mengirim tugas, mengatur waktu akhir pengumpulan, dan mengatur tampilan kelas. Pastikan untuk menyesuaikan pengaturan sesuai dengan kebutuhan Anda dan kelas Anda.

Mengunggah Materi Pembelajaran

Mengunggah materi pembelajaran ke Google Classroom adalah salah satu langkah penting dalam membuat kelas yang efektif. Dalam sesi ini, Anda akan mempelajari cara mengunggah berbagai jenis materi pembelajaran, seperti dokumen, presentasi, dan video. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih opsi “Tugas” atau “Materi” di menu navigasi kelas. Kemudian, pilih opsi “Unggah” dan pilih file yang ingin Anda unggah. Setelah mengunggah materi pembelajaran, Anda dapat memberikan judul, deskripsi, dan menambahkan instruksi tambahan.

Mengorganisir Materi Pembelajaran

Setelah mengunggah materi pembelajaran, penting untuk mengorganisirnya dengan baik agar mudah diakses oleh siswa. Anda dapat menggunakan fitur “Topik” di Google Classroom untuk mengelompokkan materi pembelajaran berdasarkan topik atau unit. Misalnya, Anda dapat memiliki topik “Matematika” yang berisi semua materi pembelajaran tentang matematika. Anda juga dapat menggunakan fitur “Tugas” untuk mengorganisir materi berdasarkan tugas atau aktivitas yang terkait.

Memberikan Tugas dan Ujian

Memberikan tugas dan ujian kepada siswa adalah salah satu fitur utama yang ditawarkan oleh Google Classroom. Dalam sesi ini, Anda akan mempelajari cara memberikan tugas dengan jelas kepada siswa. Pilih opsi “Tugas” di menu navigasi kelas. Kemudian, klik tombol “Buat Tugas” dan berikan judul, deskripsi, dan instruksi yang jelas untuk tugas tersebut. Anda juga dapat mengatur tenggat waktu pengumpulan, menambahkan lampiran, dan menentukan poin nilai untuk tugas tersebut.

Memberikan Ujian Online

Google Classroom juga memungkinkan Anda untuk membuat ujian online dan mengumpulkan jawaban siswa secara otomatis. Anda dapat menggunakan fitur “Kuis” di Google Classroom untuk membuat ujian online. Pilih opsi “Kuis” di menu navigasi kelas dan klik tombol “Buat Kuis”. Berikan judul, deskripsi, dan instruksi yang jelas untuk ujian tersebut. Anda dapat menambahkan pertanyaan pilihan ganda, pertanyaan singkat, atau pertanyaan isian singkat. Setelah siswa menjawab ujian, Anda dapat melihat dan menilai jawaban mereka secara online.

Berkomunikasi dengan Siswa

Komunikasi yang efektif antara pengajar dan siswa adalah kunci keberhasilan dalam pembelajaran online. Google Classroom menyediakan berbagai alat komunikasi yang memudahkan interaksi antara pengajar dan siswa. Dalam sesi ini, Anda akan mempelajari cara mengirim pesan kepada siswa, memulai diskusi kelas, dan menjawab pertanyaan siswa dengan cepat dan efisien.

Mengirim Pesan Pribadi kepada Siswa

Anda dapat mengirim pesan pribadi kepada siswa melalui Google Classroom. Pilih opsi “Pesan” di menu navigasi kelas dan klik tombol “Buat Pesan”. Pilih siswa yang ingin Anda kirim pesan, tulis pesan Anda, dan klik tombol “Kirim”. Pastikan untuk menjaga pesan Anda jelas, singkat, dan relevan. Anda juga dapat melampirkan file atau tautan yang relevan dalam pesan Anda.

Memulai Diskusi Kelas

Diskusi kelas adalah cara yang bagus untuk mendorong siswa berinteraksi dan berbagi pemikiran mereka. Google Classroom menyediakan fitur “Diskusi” yang memungkinkan Anda memulai dan mengelola diskusi kelas. Pilih opsi “Diskusi” di menu navigasi kelas dan klik tombol “Buat Diskusi”. Berikan judul dan deskripsi singkat untuk diskusi, lalu klik tombol “Kirim”. Siswa dapat membalas diskusi dengan komentar atau mengajukan pertanyaan.

Mengelola dan Menyunting Kelas

Setelah kelas berjalan, mungkin ada situasi di mana Anda perlu mengelola dan menyunting kelas Anda. Dalam sesi ini, Anda akan mempelajari cara menghapus siswa dari kelas, mengubah pengaturan kelas, dan mengatur pengingat untuk tugas dan ujian yang akan datang.

Menghapus Siswa dari Kelas

Jika ada siswa yang tidak lagi terlibat dalam kelas atau harus dikeluarkan, Anda dapat menghapus siswa tersebut dari kelas. Pilih opsi “Siswa” di menu navigasi kelas, klik ikon tiga titik di samping nama siswa yang ingin Anda hapus, dan pilih opsi “Hapus dari Kelas”. Pastikan untuk memberi tahu siswa terkait keputusan Anda sebelum menghapus mereka dari kelas.

Mengubah Pengaturan Kelas

Anda dapatmengubah pengaturan kelas di Google Classroom sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilih opsi “Pengaturan Kelas” di menu navigasi kelas dan Anda akan melihat berbagai opsi yang dapat Anda sesuaikan. Misalnya, Anda dapat mengubah pengaturan pengumpulan tugas, mengizinkan atau melarang komentar siswa, atau mengatur notifikasi untuk siswa dan pengajar. Pastikan untuk menyesuaikan pengaturan sesuai dengan preferensi Anda dan kebutuhan kelas Anda.

Mengatur Pengingat Tugas dan Ujian

Untuk membantu siswa mengingat tenggat waktu tugas dan ujian, Anda dapat mengatur pengingat di Google Classroom. Pilih opsi “Pengingat” di menu navigasi kelas dan klik tombol “Tambahkan Pengingat”. Beri judul dan deskripsi untuk pengingat, serta tentukan tanggal dan waktu pengingat. Anda juga dapat mengatur pengingat untuk tugas yang belum selesai atau tugas yang akan datang. Dengan adanya pengingat, siswa akan lebih mudah mengelola jadwal dan tenggat waktu mereka.

Menggunakan Fitur Kolaborasi

Google Classroom menyediakan fitur kolaborasi yang memungkinkan siswa bekerja sama dalam tugas dan proyek. Dalam sesi ini, Anda akan mempelajari cara mengaktifkan dan menggunakan fitur-fitur kolaborasi yang disediakan oleh Google Classroom.

Kolaborasi Dokumen

Anda dapat mengaktifkan fitur kolaborasi dokumen di Google Classroom yang memungkinkan siswa bekerja sama dalam satu dokumen. Pilih opsi “Tugas” atau “Materi” di menu navigasi kelas dan pilih dokumen yang ingin Anda kolaborasikan. Setelah dokumen terbuka, klik tombol “Bagikan” di pojok kanan atas dan atur izin akses siswa. Siswa dapat mengedit dokumen secara bersama-sama dan melihat perubahan yang dilakukan oleh rekan mereka secara real-time. Fitur ini memungkinkan siswa untuk bekerja sama dalam mengerjakan tugas atau menyusun proyek bersama.

Diskusi Kelompok

Google Classroom juga menyediakan fitur diskusi kelompok yang memungkinkan siswa berkomunikasi dan bekerja sama dalam kelompok kecil. Pilih opsi “Diskusi” di menu navigasi kelas dan klik tombol “Buat Diskusi”. Berikan judul dan deskripsi untuk diskusi kelompok, lalu pilih opsi “Hanya anggota kelompok dapat melihat dan membalas”. Setelah itu, Anda dapat membuat kelompok-kelompok kecil dalam kelas dan mengizinkan siswa berdiskusi dalam kelompok mereka masing-masing. Fitur ini memfasilitasi kolaborasi dalam kelompok dan meningkatkan interaksi antara siswa.

Melacak dan Menilai Kinerja Siswa

Google Classroom menyediakan fitur yang memungkinkan pengajar melacak dan menilai kinerja siswa secara efisien. Dalam sesi ini, Anda akan mempelajari cara memberikan penilaian kepada siswa, melihat dan mengelola hasil ujian, dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk meningkatkan pembelajaran siswa.

Memberikan Penilaian kepada Siswa

Anda dapat memberikan penilaian kepada siswa melalui Google Classroom. Pilih opsi “Tugas” atau “Kuis” di menu navigasi kelas dan klik tugas atau ujian yang ingin Anda nilai. Di halaman tugas atau ujian, Anda akan melihat jawaban siswa dan dapat memberikan penilaian berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Anda dapat memberikan penilaian numerik atau menggunakan skala penilaian yang telah ditetapkan. Pastikan untuk memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa agar mereka dapat memahami kekuatan dan kelemahan mereka dalam pembelajaran.

Melihat dan Mengelola Hasil Ujian

Setelah siswa menyelesaikan ujian, Anda dapat melihat dan mengelola hasil ujian melalui Google Classroom. Pilih opsi “Kuis” di menu navigasi kelas dan pilih ujian yang ingin Anda lihat. Di halaman ujian, Anda dapat melihat hasil secara keseluruhan atau melihat hasil individu siswa. Anda juga dapat melihat statistik ujian seperti rata-rata nilai, tingkat kesulitan, dan waktu rata-rata yang dibutuhkan oleh siswa untuk menyelesaikan ujian. Dengan melihat dan mengelola hasil ujian, Anda dapat mengevaluasi kinerja siswa dan mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki.

Menggunakan Aplikasi Terkait

Google Classroom dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi terkait yang dapat meningkatkan pengalaman pengajaran Anda. Dalam sesi ini, Anda akan mempelajari cara mengintegrasikan aplikasi seperti Google Forms, Quizizz, dan Flipgrid ke dalam Google Classroom.

Mengintegrasikan Google Forms

Google Forms adalah alat yang berguna untuk membuat kuis, survei, atau formulir online. Anda dapat mengintegrasikan Google Forms dengan Google Classroom untuk membuat tugas atau kuis interaktif. Pilih opsi “Tugas” atau “Kuis” di menu navigasi kelas dan pilih opsi “Tambahkan Pertanyaan” atau “Tambahkan Tugas Eksternal”. Pilih Google Forms sebagai sumber tugas atau kuis, dan pilih formulir yang ingin Anda gunakan. Setelah itu, Anda dapat mengatur pengaturan tugas atau kuis seperti biasa.

Menggunakan Quizizz

Quizizz adalah platform kuis yang interaktif dan mengasyikkan untuk siswa. Anda dapat mengintegrasikan Quizizz dengan Google Classroom untuk membuat kuis yang menarik dan melibatkan siswa. Pilih opsi “Tugas” di menu navigasi kelas dan pilih opsi “Tambahkan Tugas Eksternal”. Pilih Quizizz sebagai sumber tugas dan tentukan pengaturan tugas seperti biasa. Siswa akan menerima tugas Quizizz dan dapat mengikuti kuis dengan menggunakan kode yang diberikan. Dengan menggunakan Quizizz, Anda dapat membuat pengalaman pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif.

Memanfaatkan Flipgrid

Flipgrid adalah platform video yang memungkinkan siswa berbagi ide, pendapat, atau presentasi melalui video. Anda dapat mengintegrasikan Flipgrid dengan Google Classroom untuk memberikan tugas berbasis video kepada siswa. Pilih opsi “Tugas” di menu navigasi kelas dan pilih opsi “Tambahkan Tugas Eksternal”. Pilih Flipgrid sebagai sumber tugas dan tentukan pengaturan tugas seperti biasa. Siswa akan menerima tugas Flipgrid dan dapat merekam video mereka sendiri untuk menjawab tugas tersebut. Dengan menggunakan Flipgrid, Anda dapat meningkatkan kreativitas siswa dan memfasilitasi presentasi yang menarik.

Mengamankan Kelas Anda

Keamanan kelas adalah hal yang penting dalam pembelajaran online. Dalam sesi ini, Anda akan mempelajari langkah-langkah penting untuk menjaga keamanan kelas Anda di Google Classroom.

Mengatur Izin Akses Siswa

Google Classroom memungkinkan Anda mengatur izin akses siswa ke berbagai fitur dan materi dalam kelas. Pilih opsi “Pengaturan Kelas” di menu navigasi kelas dan pilih opsi “Izin Akses”. Di sini, Anda dapat mengatur apakah siswa dapat mengirim tugas, mengomentari posting, atau melihat materi. Pastikan untuk mengatur izin akses sesuai dengan kebijakan kelas dan privasi siswa.

Membatasi Penggunaan Kelas

Anda juga dapat membatasi penggunaan kelas hanya untuk anggota tertentu. Pilih opsi “Pengaturan Kelas” di menu navigasi kelas dan pilih opsi “Siswa”. Di sini, Anda dapat menghapus siswa yang tidak lagi terlibat dalam kelas atau mengizinkan hanya siswa tertentu yang dapat bergabung dengan kelas. Hal ini membantu menjaga keamanan dan privasi kelas Anda.

Melindungi Privasi Siswa

Privasi siswa adalah hal yang pentingdalam pembelajaran online. Untuk melindungi privasi siswa, pastikan untuk tidak membagikan informasi pribadi siswa kepada pihak lain tanpa izin yang tepat. Selain itu, pastikan untuk menjaga kerahasiaan data siswa dengan menggunakan kata sandi yang kuat untuk akun Google Classroom Anda. Pastikan juga untuk memberikan pengajaran kepada siswa tentang pentingnya menjaga privasi online dan menghindari berbagi informasi pribadi mereka secara tidak perlu.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara membuat kelas di Google Classroom. Dari langkah awal membuat akun hingga mengelola dan menyunting kelas, kami telah menjelaskan secara rinci langkah-langkah yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan interaktif bagi siswa Anda. Kami juga membahas fitur-fitur kolaborasi yang tersedia di Google Classroom, serta integrasi dengan aplikasi terkait seperti Google Forms, Quizizz, dan Flipgrid. Terakhir, kami menyoroti pentingnya menjaga keamanan dan privasi kelas Anda.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat memanfaatkan semua fitur yang ditawarkan oleh Google Classroom dan menciptakan pengalaman pembelajaran yang berkualitas untuk siswa Anda. Jangan ragu untuk berkreasi dan menyesuaikan panduan ini dengan kebutuhan dan gaya pengajaran Anda sendiri. Selamat mencoba!

Leave a Reply