...

Cara Membuat Google Drive Untuk Mengumpulkan Tugas

9 min read

Google Drive adalah platform penyimpanan data yang sangat berguna untuk mengumpulkan tugas dari peserta kelas atau kolega. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah secara rinci untuk membuat Google Drive dan menggunakannya sebagai alat yang efektif dalam mengelola dan mengumpulkan tugas. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat membuat folder tugas, berbagi folder dengan peserta kelas atau kolega, mengatur batas waktu pengumpulan tugas, mengumpulkan tugas, memberikan umpan balik, mengelola tugas yang sudah dikumpulkan, mengunduh tugas, membuat salinan cadangan, dan menghapus tugas yang tidak diperlukan. Dengan Google Drive, mengumpulkan tugas akan menjadi lebih efisien dan mudah.

Membuat Folder Tugas

Langkah pertama dalam menggunakan Google Drive untuk mengumpulkan tugas adalah dengan membuat folder khusus untuk tugas tersebut. Dengan membuat folder, Anda dapat dengan mudah mengorganisir tugas sesuai dengan mata pelajaran atau topik tertentu. Untuk membuat folder baru, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Google Drive Anda

Pertama, buka Google Drive Anda dengan masuk ke akun Google Anda. Anda dapat mengakses Google Drive melalui situs web resmi Google Drive atau melalui aplikasi Google Drive di perangkat Anda.

Langkah 2: Klik Tombol “Buat”

Setelah Anda membuka Google Drive, cari tombol “Buat” di sudut kiri atas layar. Klik tombol ini untuk melihat opsi pembuatan baru.

Langkah 3: Pilih “Folder”

Dalam menu dropdown yang muncul setelah mengklik tombol “Buat”, pilih opsi “Folder”. Dengan memilih opsi ini, Anda akan membuat folder baru di Google Drive.

Langkah 4: Beri Nama Folder

Selanjutnya, beri nama folder sesuai dengan tugas atau mata pelajaran yang ingin Anda gunakan. Misalnya, jika Anda ingin membuat folder untuk mengumpulkan tugas matematika, beri nama folder tersebut “Tugas Matematika”.

Langkah 5: Klik “Buat”

Setelah memberi nama folder, klik tombol “Buat” untuk membuat folder baru. Google Drive akan membuat folder baru dan menampilkan folder tersebut di daftar file dan folder Anda.

Dengan membuat folder khusus untuk tugas, Anda dapat dengan mudah mengatur dan menyimpan tugas yang dikumpulkan. Setiap tugas akan memiliki folder sendiri di dalam folder utama, sehingga memudahkan Anda dalam melacak dan mengelola tugas-tugas tersebut.

Berbagi Folder dengan Peserta Kelas atau Kolega

Setelah Anda membuat folder tugas, langkah selanjutnya adalah berbagi folder tersebut dengan peserta kelas atau kolega yang perlu mengumpulkan tugas. Dengan berbagi folder, Anda akan memungkinkan mereka untuk mengakses dan mengumpulkan tugas ke dalam folder tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk berbagi folder dengan peserta kelas atau kolega:

Langkah 1: Klik Kanan pada Folder Tugas

Buka Google Drive Anda dan cari folder tugas yang ingin Anda bagikan. Klik kanan pada folder tersebut untuk melihat menu opsi yang tersedia.

Langkah 2: Pilih “Bagikan” dari Menu Dropdown

Dalam menu dropdown yang muncul setelah mengklik kanan pada folder tugas, pilih opsi “Bagikan”. Dengan memilih opsi ini, Anda akan membuka jendela baru untuk mengatur pengaturan berbagi folder.

Langkah 3: Masukkan Alamat Email Peserta Kelas atau Kolega

Pada jendela berbagi folder, masukkan alamat email peserta kelas atau kolega yang perlu mengumpulkan tugas ke dalam folder tersebut. Anda dapat memasukkan beberapa alamat email sekaligus dengan memisahkan mereka dengan tanda koma atau menggunakan tanda tambah (+) untuk menambahkan lebih banyak alamat email.

Langkah 4: Atur Izin Akses

Setelah memasukkan alamat email peserta kelas atau kolega, Anda perlu mengatur izin akses yang mereka miliki terhadap folder tugas. Anda dapat memilih untuk memberi mereka izin untuk melihat dan mengedit tugas, atau hanya memberi mereka izin untuk melihat dan mengomentari tugas. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah 5: Klik “Kirim”

Setelah mengatur izin akses, klik tombol “Kirim” untuk mengirim undangan berbagi folder kepada peserta kelas atau kolega. Mereka akan menerima email dengan undangan tersebut dan dapat mulai mengumpulkan tugas ke dalam folder tersebut.

Dengan berbagi folder, Anda memungkinkan peserta kelas atau kolega untuk mengakses dan mengumpulkan tugas ke dalam folder tersebut. Hal ini memudahkan mereka untuk berkontribusi dan berkolaborasi dalam mengumpulkan tugas-tugas mereka.

Mengatur Batas Waktu untuk Mengumpulkan Tugas

Salah satu fitur yang bermanfaat dalam Google Drive adalah kemampuan untuk mengatur batas waktu pengumpulan tugas. Dengan mengatur batas waktu, Anda dapat memastikan bahwa semua tugas dikumpulkan tepat waktu dan menghindari keterlambatan dalam pengumpulan tugas. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur batas waktu pengumpulan tugas:

Langkah 1: Buka Folder Tugas

Buka Google Drive Anda dan temukan folder tugas yang ingin Anda atur batas waktu pengumpulannya. Klik pada folder tersebut untuk membukanya.

Langkah 2: Pilih Tugas yang Ingin Anda Atur Batas Waktu

Dalam folder tugas, pilih tugas yang ingin Anda atur batas waktu pengumpulannya. Klik kanan pada tugas tersebut untuk melihat menu opsi yang tersedia.

Langkah 3: Pilih “Tambahkan Batas Waktu” dari Menu Dropdown

Dalam menu dropdown yang muncul setelah mengklik kanan pada tugas, pilih opsi “Tambahkan Batas Waktu”. Dengan memilih opsi ini, Anda akan membuka jendela baru untuk mengatur batas waktu pengumpulan tugas.

Langkah 4: Tentukan Tanggal dan Waktu Batas Pengumpulan Tugas

Pada jendela batas waktu pengumpulan tugas, tentukan tanggal dan waktu batas pengumpulan tugas. Anda dapat memilih tanggal dan waktu yang sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan tugas tersebut.

Langkah 5: Klik “Simpan”

Setelah mengatur batas waktu pengumpulan tugas, klik tombol “Simpan” untuk menyimpan pengaturan batas waktu tersebut. Peserta kelas atau kolega Anda akan menerima pemberitahuan otomatis tentang batas waktu pengumpulan tugas ini.

Dengan mengatur batas waktu pengumpulan tugas, Anda memastikan bahwa semua tugas dikumpulkan tepat waktu. Peserta kelas atau kolega Anda akan menerima pemberitahuan tentang batas waktu pengumpulan tugas ini, sehingga mereka dapat mengumpulkan tugas dengan tepat waktu.

Mengumpulkan Tugas dari Peserta Kelas atau Kolega

Setelah Anda mengatur folder tugas dan berbaginya dengan peserta kelas atau kolega, mereka dapat mulai mengumpulkan tugas mereka ke dalam folder tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengumpulkan tugas:

Langkah 1: Buka Folder Tugas

Peserta kelas atau kolega Anda perlu membuka folder tugas di Google Drive mereka sendiri untuk mengumpulkan tugas. Mereka dapat melakukannya dengan membuka Google Drive dan mencari folder tugas yang telah Anda bagikan dengan mereka.

Langkah 2: Buat File Baru atau Unggah File yang Sudah Ada

Setelah membuka folder tugas, peserta kelas atau kolega Anda dapat membuat file baru atau mengunggah file yang sudah adayang berisi tugas mereka. Mereka dapat membuat file baru dengan mengklik tombol “Buat” di sudut kiri atas layar dan memilih jenis file yang mereka inginkan, seperti dokumen Google, lembar kerja, atau presentasi. Peserta kelas atau kolega juga dapat mengunggah file yang sudah ada dari perangkat mereka dengan mengklik tombol “Unggah” di sudut kiri atas layar dan memilih file yang ingin mereka unggah ke folder tugas.

Langkah 3: Simpan File dalam Folder Tugas

Setelah membuat file baru atau mengunggah file yang sudah ada, peserta kelas atau kolega Anda perlu menyimpan file tersebut dalam folder tugas yang telah Anda bagikan dengan mereka. Untuk melakukannya, mereka cukup mengklik tombol “Simpan” atau “Tambahkan ke Folder” yang muncul setelah mereka membuat atau mengunggah file. Mereka akan melihat daftar folder yang tersedia, dan mereka perlu memilih folder tugas yang tepat untuk menyimpan tugas mereka. Setelah mereka memilih folder tersebut, file akan disimpan dan tersedia di dalam folder tugas.

Langkah 4: Mengedit atau Memperbarui Tugas yang Telah Dikumpulkan

Jika peserta kelas atau kolega Anda perlu mengedit atau memperbarui tugas yang telah mereka kumpulkan, mereka dapat melakukannya dengan mudah di Google Drive. Mereka hanya perlu membuka file tugas yang telah mereka kumpulkan dalam folder tugas, dan mereka akan dapat mengedit atau memperbarui konten file tersebut. Perubahan yang mereka buat akan disimpan secara otomatis, sehingga tidak perlu khawatir kehilangan perubahan yang telah mereka buat pada tugas mereka.

Langkah 5: Menghapus atau Mengganti Nama Tugas

Jika peserta kelas atau kolega Anda perlu menghapus atau mengganti nama tugas yang telah mereka kumpulkan, mereka juga dapat melakukannya di Google Drive. Untuk menghapus tugas, mereka hanya perlu mengklik kanan pada file tugas yang ingin mereka hapus dan memilih opsi “Hapus” dari menu dropdown. Untuk mengganti nama tugas, mereka cukup mengklik kanan pada file tugas, memilih opsi “Ubah Nama”, dan memasukkan nama baru untuk tugas tersebut. Dengan fitur-fitur ini, peserta kelas atau kolega Anda dapat dengan mudah mengelola dan mengedit tugas yang mereka kumpulkan.

Memberikan Umpan Balik pada Tugas yang Dikumpulkan

Setelah peserta kelas atau kolega Anda mengumpulkan tugas mereka ke dalam folder tugas yang Anda bagikan, Anda dapat memberikan umpan balik atau komentar pada tugas-tugas tersebut. Memberikan umpan balik pada tugas yang dikumpulkan adalah cara yang efektif untuk memberikan panduan dan membantu meningkatkan kualitas tugas mereka. Berikut adalah langkah-langkah untuk memberikan umpan balik pada tugas yang dikumpulkan:

Langkah 1: Buka Folder Tugas

Buka Google Drive Anda dan temukan folder tugas yang berisi tugas yang ingin Anda berikan umpan balik. Klik pada folder tersebut untuk membukanya.

Langkah 2: Pilih Tugas yang Ingin Anda Beri Umpan Balik

Dalam folder tugas, pilih tugas yang ingin Anda beri umpan balik. Klik kanan pada tugas tersebut untuk melihat menu opsi yang tersedia.

Langkah 3: Pilih “Beri Komentar” dari Menu Dropdown

Dalam menu dropdown yang muncul setelah mengklik kanan pada tugas, pilih opsi “Beri Komentar”. Dengan memilih opsi ini, Anda akan dapat menulis dan menyimpan komentar pada tugas tersebut.

Langkah 4: Tulis Komentar Anda

Pada jendela komentar, tulis komentar atau umpan balik yang ingin Anda berikan pada tugas tersebut. Anda dapat memberikan saran, memuji, atau memberikan panduan yang diperlukan.

Langkah 5: Klik “Simpan”

Setelah menulis komentar Anda, klik tombol “Simpan” untuk menyimpan komentar tersebut pada tugas. Peserta kelas atau kolega Anda akan melihat komentar tersebut dan dapat meresponsnya jika diperlukan.

Dengan memberikan umpan balik pada tugas yang dikumpulkan, Anda dapat membantu peserta kelas atau kolega Anda untuk meningkatkan kualitas tugas mereka. Umpan balik Anda dapat memberikan panduan yang berguna dan memotivasi mereka untuk melakukan perbaikan pada tugas-tugas mereka di masa depan.

Mengelola Tugas yang Dikumpulkan

Dalam folder tugas Google Drive, Anda dapat dengan mudah mengelola tugas-tugas yang telah dikumpulkan oleh peserta kelas atau kolega. Fitur-fitur yang disediakan oleh Google Drive memungkinkan Anda untuk mengatur, mencari, dan melacak tugas-tugas tersebut. Berikut adalah beberapa cara untuk mengelola tugas yang dikumpulkan:

Mengatur Tugas Berdasarkan Tanggal Pengumpulan

Jika Anda ingin mengatur tugas-tugas yang dikumpulkan berdasarkan tanggal pengumpulan, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Google Drive. Dalam folder tugas, klik pada opsi “Urutkan” di bagian atas layar. Pilih opsi “Tanggal” dari menu dropdown untuk mengurutkan tugas-tugas berdasarkan tanggal pengumpulan. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah melihat tugas-tugas yang dikumpulkan dalam urutan kronologis.

Mengatur Tugas Berdasarkan Nama Peserta Kelas atau Kolega

Jika Anda ingin mengatur tugas-tugas yang dikumpulkan berdasarkan nama peserta kelas atau kolega, Anda juga dapat melakukannya di Google Drive. Dalam folder tugas, klik pada opsi “Urutkan” di bagian atas layar. Pilih opsi “Nama” dari menu dropdown untuk mengurutkan tugas-tugas berdasarkan nama peserta kelas atau kolega. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah melihat tugas-tugas yang dikumpulkan oleh peserta kelas atau kolega tertentu.

Menggunakan Fitur Pencarian

Jika Anda perlu mencari tugas tertentu di antara tugas-tugas yang telah dikumpulkan, Anda dapat menggunakan fitur pencarian di Google Drive. Dalam folder tugas, klik pada kotak pencarian di bagian atas layar dan masukkan kata kunci atau nama peserta kelas atau kolega yang ingin Anda cari. Google Drive akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci atau nama yang Anda masukkan.

Mengatur Label atau Penanda pada Tugas

Untuk membantu mengidentifikasi status tugas, Anda dapat menggunakan fitur label atau penanda dalam Google Drive. Misalnya, Anda dapat menandai tugas yang sudah dinilai dengan label “Selesai” atau “Sudah Dinilai”. Caranya, klik kanan pada tugas yang ingin Anda tandai, pilih opsi “Tambahkan Label” dari menu dropdown, dan pilih label yang sesuai. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah membedakan tugas yang sudah dinilai dengan tugas yang masih perlu dinilai.

Dengan fitur-fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengelola tugas-tugas yang telah dikumpulkan. Anda dapat mengatur, mencari, dan melacak tugas-tugas tersebut dengan mudah, sehingga memudahkan Anda dalam mengelola dan memantau kemajuan peserta kelas atau kolega Anda.

Mengunduh Tugas yang Dikumpulkan

Jika Anda perlu mengunduh tugas-tugas yang telah dikumpulkan ke komputer Anda, Anda dapat melakukannya dengan mudah di Google Drive. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh tugas yang dikumpulkan:

Langkah 1: Buka Folder Tugas

Buka Google Drive Anda dan temukan folder tugas yang berisi tugas yang ingin Anda unduh. Klik pada folder tersebut untuk membukanya.

Langkah 2: Pilih Tugas yang Ingin Anda Unduh

Dalam folder tugas, pilih tugas yang ingin Anda unduh. Klik kanan pada tugas tersebut untuk melihat menu opsi yang tersedia.

Langkah 3: Pilih “Unduh” dari Menu Dropdown

Dalam menu dropdown yang muncul setelah mengklik kanan pada tugas, pilih opsi “Unduh”. Dengan memilih opsi ini, Anda akan mulai mengunduh file tugas ke komputer Anda.

Langkah 4: Pilih Format File yang Diinginkan

Setelah memilih opsi “Unduh”, Anda akan melihat pilihan untuk format file yang ingin Anda unduh. Pilih format file yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti dokumen Word, file PDF, atau jenis file lainnya.

Langkah 5: Klik “Unduh”

Setelah memilih format file, klik tombol “Unduh” untuk memulai proses pengunduhan. File tugas akan diunduh ke komputer Anda dan tersimpan di folder yang telah Anda tentukan.

Dengan mengunduh tugas-tugas yang telah dikumpulkan, Anda dapat dengan mudah menyimpannya di komputer Anda atau mencetaknya jika diperlukan. Ini memungkinkan Anda untuk memiliki salinan offline dari tugas-tugas tersebut dan memudahkan Anda dalam mengelola dan meninjau tugas-tugas tersebut.

Membuat Salinan Cadangan Tugas

Salah satu langkah penting dalam mengelola tugas-tugas yang dikumpulkan adalah membuat salinan cadangan. Membuat salinan cadangan tugas akan melindungi tugas-tugas tersebut dari kemungkinan kehilangan atau kerusakan. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat salinan cadangan tugas:

Langkah 1: Buka Folder Tugas

Pertama, buka Google Drive Anda dan temukan folder tugas yang berisi tugas yang ingin Anda salin. Klik pada folder tersebut untuk membukanya.

Langkah 2: Pilih Tugas yang Ingin Anda Salin

Dalam folder tugas, pilih tugas yang ingin Anda salin. Klik kanan pada tugas tersebut untuk melihat menu opsi yang tersedia.

Langkah 3: Pilih “Salin” dari Menu Dropdown

Dalam menu dropdown yang muncul setelah mengklik kanan pada tugas, pilih opsi “Salin”. Dengan memilih opsi ini, Anda akan membuat salinan tugas tersebut.

Langkah 4: Salinan Tugas Dibuat

Setelah memilih opsi “Salin”, Google Drive akan membuat salinan tugas tersebut dan menampilkannya di folder tugas Anda. Salinan tugas akan memiliki nama yang sama dengan tugas asli, tetapi akan ditambahkan kata “Salinan” di belakangnya untuk membedakannya dari tugas asli.

Dengan membuat salinan cadangan tugas, Anda dapat melindungi tugas-tugas yang dikumpulkan dari kemungkinan kehilangan atau kerusakan. Jika terjadi masalah dengan tugas asli, Anda masih memiliki salinan cadangan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi atau untuk melanjutkan pekerjaan Anda.

Menghapus Tugas yang Tidak Diperlukan

Terakhir, penting untuk menghapus tugas yang tidak diperlukan atau sudah selesai. Dengan menghapus tugas yang tidak diperlukan, Anda dapat menjaga Google Drive Anda tetap teratur dan rapi. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus tugas:

Langkah 1: Buka Folder Tugas

Buka Google Drive Anda dan temukan folder tugas yang berisi tugas yang ingin Anda hapus. Klik pada folder tersebut untuk membukanya.

Langkah 2: Pilih Tugas yang Ingin Anda Hapus

Dalam folder tugas, pilih tugas yang ingin Anda hapus. Klik kanan pada tugas tersebut untuk melihat menu opsi yang tersedia.

Langkah 3: Pilih “Hapus” dari Menu Dropdown

Dalam menu dropdown yang muncul setelah mengklik kanan pada tugas, pilih opsi “Hapus”. Dengan memilih opsi ini, tugas tersebut akan dipindahkan ke tempat sampah Google Drive.

Langkah 4: Menghapus Tugas secara Permanen

Jika Anda ingin menghapus tugas secara permanen dari Google Drive, Anda perlu mengosongkan tempat sampah. Untuk melakukannya, klik pada opsi “Tempat Sampah” di panel sebelah kiri Google Drive Anda. Di dalam tempat sampah, pilih tugas yang ingin Anda hapus secara permanen dan klik kanan untuk melihat menu opsi. Pilih opsi “Hapus selamanya” untuk menghapus tugas tersebut secara permanen dari Google Drive.

Dengan menghapus tugas-tugas yang tidak diperlukan, Anda dapat menjaga Google Drive Anda tetap teratur dan rapi. Ini akan memudahkan Anda dalam mencari dan mengelola tugas-tugas yang masih relevan dan memastikan efisiensi dalam penggunaan ruang penyimpanan Google Drive Anda.

Dalam artikel ini, kami telah membahas langkah-langkah secara rinci untuk membuat Google Drive dan menggunakannya untuk mengumpulkan tugas. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat mengatur folder tugas, berbagi folder dengan peserta kelas atau kolega, mengatur batas waktu pengumpulan tugas, mengumpulkan tugas, memberikan umpan balik, mengelola tugas yang sudah dikumpulkan, mengunduh tugas, membuat salinan cadangan, dan menghapus tugas yang tidak diperlukan. Dengan Google Drive, mengumpulkan tugas akan menjadi lebih efisien dan mudah.

Google Drive adalah alat yang sangat berguna untuk mengorganisir dan menyimpan tugas-tugas Anda, serta memudahkan komunikasi dan kolaborasi dengan peserta kelas atau kolega Anda. Dengan menggunakan Google Drive, Anda dapat menghemat waktu dan upaya dalam mengumpulkan, mengelola, dan memberikan umpan balik pada tugas-tugas yang dikumpulkan. Selamat mencoba!

Leave a Reply