...

Cara Membuat Folder Di Google Drive

6 min read

Selamat datang di blog kami! Pada artikel ini, kami akan membahas secara rinci cara membuat folder di Google Drive. Google Drive adalah salah satu platform penyimpanan berbasis cloud yang paling populer di dunia saat ini. Dengan Google Drive, Anda dapat menyimpan, mengelola, dan berbagi segala jenis file dengan mudah dan aman.

Jika Anda sering bekerja dengan banyak file dan dokumen, membuat folder di Google Drive adalah langkah penting untuk menjaga keberesan dan keteraturan data Anda. Dalam panduan ini, kami akan memberikan langkah-langkah praktis tentang cara membuat folder di Google Drive serta beberapa tips dan trik untuk mengoptimalkan penggunaan Drive Anda.

Membuka Google Drive

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki akun Google dan telah masuk ke Google Drive. Buka browser web dan kunjungi drive.google.com. Masukkan alamat email dan kata sandi Google Anda, kemudian klik “Masuk”.

Setelah berhasil masuk, Anda akan diarahkan ke beranda Google Drive Anda, di mana Anda dapat melihat semua file dan folder yang telah Anda simpan sebelumnya.

Langkah 1: Buka Browser Web

Untuk membuka Google Drive, Anda perlu membuka browser web seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Safari.

Langkah 2: Kunjungi drive.google.com

Setelah membuka browser web, ketikkan “drive.google.com” di bilah URL atau cari “Google Drive” di mesin pencari dan klik tautan yang sesuai untuk membuka halaman Google Drive.

Langkah 3: Masuk ke Akun Google Anda

Setelah halaman Google Drive terbuka, Anda akan melihat tombol “Masuk” di bagian kanan atas layar. Klik tombol ini untuk masuk ke akun Google Anda.

Langkah 4: Masukkan Alamat Email dan Kata Sandi Google Anda

Setelah menekan tombol “Masuk”, Anda akan diarahkan ke halaman masuk Google. Ketikkan alamat email Google Anda di kotak yang ditentukan. Kemudian, ketikkan juga kata sandi Google Anda di kotak yang sesuai.

Langkah 5: Klik “Masuk”

Setelah Anda memasukkan alamat email dan kata sandi Google Anda, klik tombol “Masuk” untuk masuk ke akun Google Anda dan membuka beranda Google Drive Anda.

Summary: Pada sesi ini, Anda akan belajar cara membuka Google Drive dan mengakses beranda Drive Anda. Anda perlu membuka browser web, kunjungi drive.google.com, masuk ke akun Google Anda, dan kemudian Anda akan diarahkan ke beranda Drive Anda.

Membuat Folder Baru

Langkah selanjutnya adalah membuat folder baru di Google Drive. Di beranda Drive Anda, klik tombol “Buat” di bagian kiri atas layar. Kemudian pilih opsi “Folder”.

Akan muncul jendela pop-up yang meminta Anda untuk memberi nama folder baru Anda. Ketikkan nama yang sesuai dan deskriptif untuk folder Anda. Setelah selesai, klik tombol “Buat”.

Langkah 1: Klik Tombol “Buat” di Beranda Drive Anda

Setelah Anda masuk ke beranda Google Drive, lihat ke bagian kiri atas layar Anda akan melihat tombol “Buat”. Klik tombol ini untuk melanjutkan proses membuat folder baru.

Langkah 2: Pilih Opsi “Folder”

Setelah Anda mengklik tombol “Buat”, akan muncul menu dengan beberapa opsi. Pilih opsi “Folder” untuk membuat folder baru di Google Drive.

Langkah 3: Beri Nama dan Deskripsi untuk Folder Anda

Setelah Anda memilih opsi “Folder”, jendela pop-up akan muncul di layar Anda. Di sini, Anda dapat memberikan nama yang sesuai dan deskriptif untuk folder baru Anda. Pastikan untuk memilih nama yang mudah diingat dan menggambarkan isi folder dengan jelas.

Langkah 4: Klik Tombol “Buat”

Setelah memberikan nama dan deskripsi yang sesuai untuk folder Anda, klik tombol “Buat” untuk membuat folder baru di Google Drive.

Summary: Pada sesi ini, Anda akan belajar cara membuat folder baru di Google Drive dan memberikan nama yang sesuai untuk folder tersebut. Anda perlu mengklik tombol “Buat” di beranda Drive Anda, pilih opsi “Folder”, beri nama dan deskripsi untuk folder baru Anda, dan klik tombol “Buat”.

Mengelola Folder

Selanjutnya, mari kita bahas cara mengelola folder di Google Drive. Anda dapat dengan mudah mengatur dan menyusun folder Anda agar tetap rapi dan teratur.

Anda dapat menggeser folder ke posisi yang diinginkan dengan mengklik dan menahan folder, lalu seret ke tempat yang diinginkan. Anda juga dapat membuat subfolder di dalam folder Anda dengan mengklik kanan folder induk, lalu pilih opsi “Buat folder di dalamnya”.

Langkah 1: Menggeser Folder ke Posisi yang Diinginkan

Jika Anda ingin mengatur ulang posisi folder di Google Drive Anda, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Cukup klik dan tahan folder yang ingin Anda pindahkan, lalu seret folder tersebut ke posisi yang diinginkan.

Langkah 2: Membuat Subfolder di Dalam Folder Induk

Untuk membuat subfolder di dalam folder induk, klik kanan folder induk tersebut. Dalam menu yang muncul, pilih opsi “Buat folder di dalamnya”. Anda dapat memberikan nama dan deskripsi untuk subfolder baru Anda seperti yang Anda lakukan saat membuat folder baru.

Langkah 3: Menyusun Folder sesuai Kategori atau Tanggal

Untuk membantu Anda menjaga keteraturan folder di Google Drive, Anda dapat menyusun folder Anda berdasarkan kategori atau tanggal. Misalnya, Anda dapat membuat folder “Dokumen Pribadi”, “Proyek Kerja”, atau “Foto Liburan”. Anda juga dapat membuat folder berdasarkan tanggal, seperti “Januari 2022” atau “Tahun Ajaran 2021-2022”.

Summary: Pada sesi ini, Anda akan belajar cara mengelola folder di Google Drive, termasuk mengatur posisi dan membuat subfolder. Anda dapat menggeser folder ke posisi yang diinginkan, membuat subfolder di dalam folder induk, dan menyusun folder berdasarkan kategori atau tanggal.

Mengunggah File ke Folder

Sekarang, mari kita pelajari cara mengunggah file ke folder di Google Drive. Ada beberapa cara untuk melakukannya.

Pertama, Anda dapat mengklik tombol “Unggah” di beranda Google Drive Anda, kemudian pilih “File”. Cari file yang ingin Anda unggah dari komputer Anda dan pilih file tersebut. Klik tombol “Buka” untuk memulai proses unggah.

Langkah 1: Klik Tombol “Unggah” di Beranda Drive Anda

Setelah masuk ke beranda Google Drive Anda, cari tombol “Unggah” di bagian tengah atas layar. Klik tombol ini untuk membuka menu unggah.

Langkah 2: Pilih Opsi “File”

Setelah Anda mengklik tombol “Unggah”, menu dengan beberapa opsi akan muncul. Pilih opsi “File” untuk mengunggah file dari komputer Anda ke Google Drive.

Langkah 3: Cari dan Pilih File yang Ingin Anda Unggah

Setelah memilih opsi “File”, jendela penjelajah file di komputer Anda akan muncul. Gunakan penjelajah file ini untuk mencari dan memilih file yang ingin Anda unggah ke Google Drive.

Langkah 4: Klik Tombol “Buka”

Setelah Anda memilih file yang ingin Anda unggah,klik tombol “Buka” untuk memulai proses unggah. Google Drive akan mulai mengunggah file tersebut ke dalam folder yang sedang Anda buka.

Langkah 5: Tunggu Hingga Proses Unggah Selesai

Selama proses unggah berlangsung, Anda harus menunggu hingga selesai. Kecepatan unggah tergantung pada ukuran file dan kecepatan internet Anda. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat agar proses unggah berjalan lancar.

Langkah 6: Verifikasi Bahwa File Telah Diunggah

Setelah proses unggah selesai, Anda dapat memverifikasi bahwa file telah diunggah dengan sukses ke Google Drive. Periksa folder tempat Anda mengunggah file dan pastikan file tersebut muncul di dalamnya.

Langkah 7: Mengunggah Lebih Banyak File Jika Diperlukan

Jika Anda perlu mengunggah lebih banyak file, Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas untuk setiap file yang ingin Anda unggah. Pastikan Anda memilih opsi “File” setiap kali Anda ingin mengunggah file baru.

Summary: Pada sesi ini, Anda akan belajar cara mengunggah file ke folder di Google Drive menggunakan tombol “Unggah” di beranda Drive Anda. Anda perlu memilih opsi “File” dan mencari file yang ingin Anda unggah, kemudian klik tombol “Buka” untuk memulai proses unggah.

Membagikan Folder dengan Orang Lain

Salah satu fitur hebat dari Google Drive adalah kemampuannya untuk berbagi file dan folder dengan orang lain. Mari kita pelajari cara membagikan folder dengan orang lain di Google Drive.

Pertama, pilih folder yang ingin Anda bagikan. Klik kanan folder tersebut, lalu pilih opsi “Bagikan”. Akan muncul jendela pop-up dengan opsi berbagi. Anda dapat memasukkan alamat email orang yang ingin Anda bagikan folder tersebut. Atur juga izin akses yang ingin Anda berikan, apakah hanya melihat, mengedit, atau berkolaborasi.

Langkah 1: Pilih Folder yang Ingin Anda Bagikan

Di beranda Google Drive Anda, cari dan pilih folder yang ingin Anda bagikan dengan orang lain. Klik kanan folder tersebut untuk membuka menu konteks.

Langkah 2: Pilih Opsi “Bagikan”

Dalam menu konteks yang muncul setelah Anda mengklik kanan folder, pilih opsi “Bagikan”. Jendela pop-up dengan opsi berbagi akan muncul.

Langkah 3: Masukkan Alamat Email Orang yang Ingin Anda Bagikan

Di jendela pop-up berbagi, Anda dapat memasukkan alamat email orang yang ingin Anda bagikan folder tersebut. Anda dapat memasukkan alamat email satu per satu atau menyalin dan menempelkan daftar alamat email jika Anda ingin membagikannya kepada beberapa orang sekaligus.

Langkah 4: Atur Izin Akses yang Ingin Anda Berikan

Setelah memasukkan alamat email orang yang ingin Anda bagikan folder, Anda dapat mengatur izin akses yang ingin Anda berikan kepada mereka. Google Drive menawarkan beberapa opsi izin akses, seperti “Mengedit”, “Mengomentari”, atau “Hanya Melihat”. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah 5: Klik Tombol “Bagikan”

Setelah Anda memasukkan alamat email dan mengatur izin akses, klik tombol “Bagikan” untuk membagikan folder dengan orang-orang yang Anda pilih.

Langkah 6: Verifikasi Bahwa Folder Telah Dibagikan

Setelah Anda mengklik tombol “Bagikan”, Google Drive akan mengirimkan email pemberitahuan kepada orang-orang yang Anda bagikan folder tersebut. Anda juga dapat memverifikasi bahwa folder telah dibagikan dengan melihat ikon berbagi yang muncul di sebelah nama folder.

Summary: Pada sesi ini, Anda akan belajar cara membagikan folder dengan orang lain di Google Drive dan mengatur izin akses yang ingin Anda berikan. Anda perlu memilih folder, klik kanan dan pilih opsi “Bagikan”, memasukkan alamat email orang yang ingin Anda bagikan, mengatur izin akses, dan mengklik tombol “Bagikan”.

Mengatur Tampilan Folder

Google Drive memungkinkan Anda mengatur tampilan folder sesuai preferensi Anda. Anda dapat memilih antara tampilan “Grid” atau “Daftar”.

Untuk mengubah tampilan, buka folder yang ingin Anda ubah tampilannya. Klik ikon “Tampilan” di bagian kanan atas layar. Pilih opsi “Grid” untuk tampilan kotak, atau “Daftar” untuk tampilan daftar.

Langkah 1: Buka Folder yang Ingin Anda Ubah Tampilannya

Di beranda Google Drive Anda, cari dan buka folder yang ingin Anda ubah tampilannya.

Langkah 2: Klik Ikon “Tampilan” di Bagian Kanan Atas Layar

Setelah membuka folder, perhatikan bagian kanan atas layar Anda akan melihat ikon “Tampilan”. Klik ikon ini untuk membuka menu tampilan.

Langkah 3: Pilih Opsi “Grid” atau “Daftar”

Dalam menu tampilan, Anda akan melihat dua opsi: “Grid” dan “Daftar”. Pilih opsi yang sesuai dengan preferensi Anda.

Langkah 4: Verifikasi Bahwa Tampilan Sudah Berubah

Setelah Anda memilih tampilan yang diinginkan, perhatikan perubahan dalam tampilan folder. Jika Anda memilih opsi “Grid”, folder akan ditampilkan dalam bentuk kotak-kotak. Jika Anda memilih opsi “Daftar”, folder akan ditampilkan dalam bentuk daftar.

Summary: Pada sesi ini, Anda akan belajar cara mengatur tampilan folder di Google Drive antara tampilan “Grid” dan “Daftar”. Anda perlu membuka folder, klik ikon “Tampilan”, memilih opsi yang diinginkan, dan memverifikasi bahwa tampilan telah berubah sesuai dengan preferensi Anda.

Mencari Folder di Google Drive

Jika Anda memiliki banyak folder di Google Drive, mencari folder tertentu bisa menjadi tugas yang sulit. Namun, Google Drive memiliki fitur pencarian yang sangat berguna untuk membantu Anda menemukan folder yang Anda cari.

Untuk mencari folder, klik kotak pencarian di bagian atas layar. Ketikkan nama folder atau kata kunci terkait, lalu tekan tombol Enter. Google Drive akan menampilkan hasil pencarian sesuai dengan kriteria Anda.

Langkah 1: Klik Kotak Pencarian di Bagian Atas Layar

Di beranda Google Drive Anda, perhatikan kotak pencarian di bagian atas layar. Klik kotak ini untuk memfokuskan kursor ke dalamnya dan memulai proses pencarian.

Langkah 2: Ketikkan Nama Folder atau Kata Kunci Terkait

Setelah mengklik kotak pencarian, ketikkan nama folder atau kata kunci terkait yang ingin Anda cari di Google Drive.

Langkah 3: Tekan Tombol Enter

Setelah Anda memasukkan nama folder atau kata kunci, tekan tombol Enter pada keyboard Anda untuk memulai proses pencarian.

Langkah 4: Lihat Hasil Pencarian

Setelah Anda menekan tombol Enter, Google Drive akan menampilkan hasil pencarian sesuai dengan kriteria Anda. Anda dapat melihat daftar folder yang sesuai dengan nama atau kata kunci yang Anda masukkan.

Summary: Pada sesi ini, Anda akan belajar cara mencari folder di Google Drive menggunakan fitur pencarian. Anda perlu mengklik kotak pencarian, memasukkan nama folder atau kata kunci terkait, dan menekan tombol Enter untuk melihat hasil pencarian.

Menghapus Folder di Google Drive

Jika Anda ingin menghapus folder yang tidak lagi Anda butuhkan di Google Drive, Anda dapat melakukannya dengan mudah.

Pertama, buka folder yang ingin Anda hapus. Klik kanan folder tersebut, lalu pilih opsi “Hapus”. Akan muncul jendela konfirmasi. Klik tombol “Hapus” sekali lagi untuk mengonfirmasi penghapusan folder. Folder dan isinya akan dihapus secara permanen dari Google Drive Anda.

Langkah 1: Buka Folder yang Ingin Anda Hapus

Di beranda Google Drive Anda, cari dan buka folder yang ingin Anda hapus.

Langkah 2: Klik Kanan Folder dan Pilih Opsi “Hapus”

Setelah membuka folder, klik kanan folder tersebut untuk membuka menu konteks. Dalam menu yang muncul, pilih opsi “Hapus”.

Langkah 3: Konfirmasi Penghapusan Folder

Setelah Anda memilih opsi “Hapus”, jendela konfirmasi akan muncul. Ini adalah langkah terakhir untuk memastikan bahwa Anda benar-benar ingin menghapus folder beserta isinya dari Google Drive Anda.

Langkah 4: Klik Tombol “Hapus”

Jika Anda yakin ingin menghapus folder, klik tombol “Hapus” untuk mengonfirmasi penghapusan. Folder beserta semua file dan subfolder di dalamnya akan dihapus secara permanen dari Google Drive Anda.

Langkah 5: Verifikasi Bahwa Folder Telah Dihapus

Setelah Anda mengklik tombol “Hapus”, perhatikan bahwa folder yang dihapus tidak lagi muncul di beranda Google Drive Anda. Ini menandakan bahwa folder telah berhasil dihapus.

Summary: Pada sesi ini, Anda akan belajar cara menghapus folder di Google Drive dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Anda perlu membuka folder, klik kanan dan pilih opsi “Hapus”, konfirmasikan penghapusan, dan klik tombol “Hapus”.

Membuat Salinan Folder di Google Drive

Ketika bekerja dengan banyak orang atau tim, kadang-kadang Anda perlu membuat salinan folder di Google Drive. Hal ini berguna jika Anda ingin mengedit atau memodifikasi salinan folder tersebut tanpa mengubah folder asli.

Untuk membuat salinan folder, pilih folder yang ingin Anda salin. Klik kanan folder tersebut, lalu pilih opsi “Salin”. Google Drive akan membuat salinan folder tersebut di direktori yang sama dengan nama “Salinan dari [nama folder]”.

Langkah 1: Pilih Folder yang Ingin Anda Salin

Di beranda Google Drive Anda, cari dan pilih folder yang ingin Anda salin.

Langkah 2: Klik Kanan Folder dan Pilih Opsi “Salin”

Setelah Anda memilih folder, klik kanan folder tersebut untuk membuka menu konteks. Dalam menu yang muncul, pilih opsi “Salin”.

Langkah 3: Verifikasi Salinan Folder yang Dibuat

Setelah Anda memilih opsi “Salin”, Google Drive akan membuat salinan folder di direktori yang sama. Folder salinan akan memiliki nama “Salinan dari [nama folder]”. Anda dapat memverifikasi bahwa salinan folder telah dibuat dengan melihat folder baru yang muncul di beranda Google Drive Anda.

Langkah 4: Mengedit atau Memodifikasi Salinan Folder

Setelah salinan folder dibuat, Anda dapat mengedit atau memodifikasi isinya tanpa mempengaruhi folder asli. Anda dapat menambahkan, menghapus, atau mengubah file di dalam salinan folder sesuai kebutuhan Anda.

Summary: Pada sesi ini, Anda akan belajar cara membuat salinan folder di Google Drive untuk keperluan kolaborasi atau pengeditan. Anda perlu memilih folder, klik kanan dan pilih opsi “Salin”, dan memverifikasi bahwa salinan folder telah dibuat.

Mengunduh Folder dari Google Drive

Terakhir, mari kita bahas cara mengunduh folder dari Google Drive ke komputer atau perangkat Anda. Anda dapat mengunduh seluruh folder beserta isinya dalam satu file kompresi.

Pertama, pilih folder yang ingin Anda unduh. Klik kanan folder tersebut, lalu pilih opsi “Unduh”. Google Drive akan mengompres folder dan mengunduhnya sebagai file ZIP atau TAR.

Langkah 1: Pilih Folder yang Ingin Anda Unduh

Di beranda Google Drive Anda, cari dan pilih folder yang ingin Anda unduh.

Langkah 2: Klik Kanan Folder dan Pilih Opsi “Unduh”

Setelah memilih folder, klik kanan folder tersebut untuk membuka menu konteks. Dalam menu yang muncul, pilih opsi “Unduh”.

Langkah 3: Tunggu Hingga Proses Pengompresan Selesai

Setelah Anda memilih opsi “Unduh”, Google Drive akan memulai proses pengompresan folder. Anda harus menunggu hingga proses pengompresan selesai sebelum Anda dapat mengunduh file ZIP atau TAR.

Langkah 4: Verifikasi Bahwa File Kompresi Telah Diunduh

Setelah proses pengompresan selesai, Google Drive akan mengunduh folder dalam bentuk file kompresi (ZIP atau TAR). Anda dapat memverifikasi bahwa file kompresi telah diunduh dengan melihat file yang muncul di folder unduhan di komputer atau perangkat Anda.

Summary: Pada sesi ini, Anda akan belajar cara mengunduh folder dari Google Drive ke komputer Anda dalam format file kompresi. Anda perlu memilih folder, klik kanan dan pilih opsi “Unduh”, dan memverifikasi bahwa file kompresi telah diunduh.

Demikianlah panduan lengkap tentang cara membuat folder di Google Drive. Kami harap panduan ini memberikan informasi yang berguna bagi Anda untuk mengoptimalkan penggunaan Google Drive Anda. Dengan memiliki folder yang teratur dan terorganisir, Anda akan dengan mudah mengelola dan berbagi file dengan orang lain. Selamat mencoba!

Leave a Reply