...

Cara Membuat Docs Google Form

6 min read

Apakah Anda ingin membuat formulir online yang mudah digunakan dan dapat diakses secara real-time? Maka, Docs Google Form adalah solusinya! Dalam artikel ini, kami akan mengajarkan Anda cara membuat Docs Google Form secara rinci dan komprehensif. Kami akan menjelaskan setiap langkah dengan jelas, sehingga Anda dapat membuat formulir yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Docs Google Form adalah alat yang sangat berguna untuk membuat formulir online dengan mudah. Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat membuat pertanyaan, mengatur logika pertanyaan, menyisipkan media, mengatur tema dan tampilan, serta menganalisis data yang dikumpulkan melalui formulir. Formulir yang Anda buat akan secara otomatis disimpan di Google Drive, sehingga Anda dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja.

Membuat Formulir Baru

Langkah pertama dalam membuat Docs Google Form adalah membuat formulir baru. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Akses Google Forms

Untuk membuat formulir baru, pertama-tama buka browser web Anda dan masuk ke akun Google Anda. Kemudian, akses Google Forms melalui tautan forms.google.com atau cari “Google Forms” di mesin pencari Google.

2. Pilih “Buat Formulir Baru”

Sekarang, di halaman Google Forms, klik tombol “Buat Formulir Baru” untuk memulai membuat formulir baru.

3. Beri Nama pada Formulir Anda

Setelah itu, berikan nama pada formulir Anda dengan mengetikkan judul yang relevan di kotak teks yang tersedia.

4. Tambahkan Deskripsi (Opsional)

Jika Anda ingin memberikan deskripsi singkat tentang formulir Anda, Anda dapat menambahkannya di bawah judul. Deskripsi ini bisa memberikan informasi tambahan kepada responden atau menjelaskan tujuan dari formulir Anda.

5. Pilih Tema (Opsional)

Google Forms menyediakan beberapa tema yang dapat Anda pilih untuk memberikan tampilan yang menarik pada formulir Anda. Pilih tema yang sesuai dengan preferensi Anda atau sesuaikan dengan merek atau gaya Anda.

6. Mulai Menambahkan Pertanyaan

Sekarang, Anda siap untuk mulai menambahkan pertanyaan ke formulir Anda. Klik pada bagian “Tambahkan Pertanyaan” di bagian atas formulir untuk memulai.

Menambahkan Pertanyaan

Membuat pertanyaan yang jelas dan mudah dipahami oleh responden merupakan kunci untuk mendapatkan respons yang akurat dan bermakna. Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan pertanyaan ke formulir Anda:

1. Pilih Jenis Pertanyaan

Google Forms menyediakan berbagai jenis pertanyaan, seperti pilihan ganda, isian singkat, paragraf, skala, dan banyak lagi. Pilih jenis pertanyaan yang sesuai dengan informasi yang ingin Anda kumpulkan.

2. Tulis Pertanyaan Anda

Tuliskan pertanyaan Anda dengan jelas dan singkat. Pastikan pertanyaan Anda tidak ambigu dan mudah dipahami oleh responden.

3. Tambahkan Pilihan Jawaban (Jika Diperlukan)

Jika Anda menggunakan jenis pertanyaan pilihan ganda atau pilihan ganda dengan tanda centang, tambahkan pilihan jawaban yang relevan. Anda dapat menambahkan pilihan jawaban baru dengan mengklik tombol “Tambahkan Pilihan Lainnya” di bawah pertanyaan.

4. Atur Keterbatasan (Opsional)

Jika diperlukan, Anda dapat mengatur keterbatasan pada pertanyaan. Misalnya, Anda dapat membatasi jumlah jawaban yang dapat dipilih oleh responden atau membatasi jumlah karakter yang dapat ditulis dalam isian singkat.

5. Tambahkan Pertanyaan Lain (Opsional)

Jika Anda ingin menambahkan pertanyaan lain, klik pada tombol “Tambahkan Pertanyaan” di bawah pertanyaan yang baru saja Anda buat.

Mengatur Logika Pertanyaan

Logika pertanyaan memungkinkan Anda untuk mengatur pertanyaan berdasarkan jawaban yang diberikan oleh responden sebelumnya. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat membuat formulir yang lebih dinamis dan relevan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur logika pertanyaan:

1. Pilih Pertanyaan

Pilih pertanyaan yang ingin Anda tambahkan logika kepadanya.

2. Klik pada Tautan “Logika Pertanyaan”

Di sebelah kanan pertanyaan, klik pada tautan “Logika Pertanyaan” untuk memulai mengatur logika pertanyaan.

3. Pilih Jenis Logika

Google Forms menyediakan beberapa jenis logika pertanyaan, seperti “Tampilkan Pertanyaan Berikutnya”, “Lewati ke Pertanyaan”, dan “Selesaikan Formulir”. Pilih jenis logika yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Atur Kondisi Logika

Atur kondisi logika dengan memilih pertanyaan dan memilih jawaban yang harus dipilih atau dihindari oleh responden untuk menerapkan logika yang diinginkan.

5. Tambahkan Logika Lainnya (Opsional)

Anda dapat menambahkan logika lainnya dengan mengklik tombol “Tambahkan Logika Lainnya”. Dengan cara ini, Anda dapat membuat rangkaian logika yang lebih kompleks.

Menyisipkan Media

Menyisipkan media ke dalam formulir Anda dapat membuatnya lebih menarik dan interaktif bagi responden. Google Forms memungkinkan Anda untuk menyisipkan gambar, video, dan audio. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyisipkan media ke dalam formulir Anda:

1. Pilih Tipe Pertanyaan yang Mendukung Media

Tidak semua jenis pertanyaan mendukung media. Pastikan Anda memilih jenis pertanyaan yang mendukung media, seperti pertanyaan pilihan ganda atau pertanyaan paragraf.

2. Klik pada Ikon Media

Di bagian atas pertanyaan, klik pada ikon media yang sesuai dengan tipe media yang ingin Anda sisipkan.

3. Unggah atau Sisipkan Media

Anda dapat mengunggah file media dari komputer Anda atau memasukkan tautan media yang sudah ada secara online.

4. Atur Posisi Media (Opsional)

Setelah menyisipkan media, Anda dapat mengatur posisi media dengan memilih opsi yang tersedia, seperti menempatkan media di atas atau di bawah pertanyaan.

Mengatur Tema dan Tampilan

Mengatur tema dan tampilan formulir Anda dapat memberikan sentuhan pribadi dan profesional pada formulir tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur tema dan tampilan formulir Anda:

1. Klik pada Tombol “Tema”

Di bagian atas formulir, klik pada tombol “Tema” untuk mengakses pengaturan tema dan tampilan.

2. Pilih Tema yang Anda Inginkan

Pilih tema yang sesuai dengan preferensi Anda. Anda dapat melihat pratinjau tema dengan mengklik pada tema yang ingin Anda gunakan.

3. Sesuaikan Warna dan Font (Opsional)

Jika Anda ingin mengubah warna atau font pada formulir, Anda dapat memilih opsi “Sesuaikan Warna” atau “Sesuaikan Font”. Anda dapat memilih warna yang sesuai dengan merek atau gaya Anda atau memilih font yang mudah dibaca oleh responden.

4. Terapkan Perubahan

Setelah Anda puasdengan pengaturan tema dan tampilan yang Anda buat, klik tombol “Terapkan” untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat.

5. Tinjau Tampilan Formulir Anda

Setelah Anda mengatur tema dan tampilan formulir, lihatlah tampilan formulir Anda dengan mengklik tombol “Lihat Formulir” di bagian atas halaman. Ini akan membuka tampilan formulir seperti yang akan dilihat oleh responden. Tinjau tampilan formulir Anda dan pastikan semuanya terlihat dan berfungsi dengan baik.

Mengatur Aksesibilitas dan Kepuasan Pengguna

Memastikan formulir Anda mudah diakses dan memberikan kepuasan kepada pengguna sangat penting. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur aksesibilitas dan kepuasan pengguna pada formulir Anda:

1. Atur Izin Akses

Pada bagian atas formulir, klik pada ikon pensil untuk mengatur izin akses. Anda dapat memilih apakah formulir dapat diakses oleh semua orang, hanya oleh orang-orang tertentu dengan tautan, atau hanya oleh orang-orang tertentu dengan izin khusus.

2. Lakukan Uji Coba pada Formulir

Sebelum membagikan formulir kepada responden, lakukan uji coba pada formulir untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Isilah formulir sebagai responden dan periksa apakah pertanyaan dan logika berjalan dengan benar.

3. Rancang Formulir yang Jelas dan Sederhana

Pastikan formulir Anda dirancang dengan jelas dan sederhana. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh responden dan hindari penggunaan jargon atau istilah teknis yang kompleks. Gunakan pilihan jawaban yang jelas dan hindari pertanyaan yang ambigu.

4. Berikan Petunjuk atau Bantuan (Opsional)

Jika Anda merasa formulir Anda membutuhkan petunjuk atau bantuan tambahan, Anda dapat menambahkannya dalam bentuk teks atau gambar. Petunjuk atau bantuan ini dapat membantu responden dalam mengisi formulir dengan benar.

5. Gunakan Validasi Data

Jika Anda ingin memastikan bahwa responden memasukkan data yang valid, Anda dapat menggunakan validasi data pada pertanyaan yang relevan. Misalnya, jika Anda memiliki pertanyaan yang mengharuskan responden memasukkan angka, Anda dapat mengatur validasi data agar hanya menerima angka.

Menyimpan dan Berbagi Formulir

Setelah Anda selesai membuat formulir, penting untuk menyimpannya dan membagikannya kepada responden. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyimpan dan berbagi formulir Anda:

1. Simpan Formulir

Pastikan Anda secara teratur menyimpan formulir Anda saat Anda bekerja padanya. Google Forms secara otomatis menyimpan perubahan yang Anda buat saat Anda mengedit formulir.

2. Berbagi Tautan Formulir

Anda dapat berbagi formulir dengan responden Anda dengan memberikan tautan formulir. Klik tombol “Bagikan” di bagian atas halaman Google Forms, kemudian salin tautan formulir dan bagikan melalui email, pesan teks, atau platform komunikasi lainnya.

3. Menyematkan Formulir di Situs Web

Jika Anda memiliki situs web, Anda dapat menyematkan formulir di dalamnya. Klik tombol “Bagikan” di bagian atas halaman Google Forms, kemudian klik opsi “Embed” untuk mendapatkan kode HTML yang dapat Anda tambahkan ke situs web Anda.

4. Kirimkan Melalui Email

Jika Anda ingin mengirim formulir melalui email, Anda dapat mengklik tombol “Bagikan” di bagian atas halaman Google Forms, kemudian pilih opsi “Email” untuk mengirim formulir langsung ke alamat email responden.

Menganalisis Data

Setelah formulir Anda dikirimkan dan responden mulai mengisi, Anda dapat menganalisis data yang dikumpulkan melalui formulir. Berikut adalah langkah-langkah untuk menganalisis data formulir:

1. Mengakses Tanggapan

Anda dapat mengakses tanggapan formulir dengan membuka formulir dan mengklik tab “Tanggapan” di bagian atas halaman. Di sini, Anda akan melihat tanggapan secara keseluruhan.

2. Lihat Tanggapan secara Keseluruhan

Pada halaman tanggapan, Anda dapat melihat tanggapan secara keseluruhan dalam bentuk daftar. Anda dapat melihat setiap pertanyaan dan jawaban yang diberikan oleh responden.

3. Buat Grafik

Jika Anda ingin menganalisis data secara visual, Anda dapat membuat grafik dari tanggapan formulir. Google Forms menyediakan berbagai jenis grafik yang dapat Anda pilih, seperti grafik batang, grafik lingkaran, atau grafik garis.

4. Ekspor Data

Jika Anda ingin menganalisis data di luar Google Forms, Anda dapat mengekspor data ke dalam format CSV atau Excel. Klik tombol “Lebih” di bagian atas halaman tanggapan dan pilih opsi “Unduh tanggapan (.csv)” atau “Unduh tanggapan (.xlsx)”.

Mengatur Notifikasi dan Pengingat

Untuk memastikan Anda tetap up-to-date dengan tanggapan formulir dan memastikan responden mengisi formulir tepat waktu, Anda dapat mengatur notifikasi dan pengingat. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur notifikasi dan pengingat:

1. Atur Notifikasi Tanggapan Baru

Jika Anda ingin menerima pemberitahuan setiap kali ada tanggapan baru yang masuk, Anda dapat mengatur notifikasi. Klik tombol “Pemberitahuan” di bagian atas halaman tanggapan dan atur preferensi notifikasi Anda.

2. Atur Pengingat untuk Responden

Jika Anda ingin mengingatkan responden yang belum mengisi formulir, Anda dapat mengatur pengingat. Klik tombol “Pemberitahuan” di bagian atas halaman tanggapan, lalu klik opsi “Kirim pengingat” dan atur jadwal pengingat yang diinginkan.

Melindungi Data dan Privasi

Ketika mengumpulkan data melalui formulir, penting untuk melindungi data dan privasi responden Anda. Berikut adalah beberapa langkah untuk melindungi data dan privasi responden Anda:

1. Atur Izin Akses

Pastikan Anda mengatur izin akses formulir dengan hati-hati. Jika ada informasi sensitif yang dikumpulkan, pastikan hanya orang-orang yang berhak dapat mengaksesnya. Anda dapat mengatur izin akses pada pengaturan formulir.

2. Batasi Penggunaan Formulir

Jika Anda ingin membatasi penggunaan formulir, Anda dapat memilih opsi “Hanya Terima Satu Tanggapan” pada pengaturan formulir. Dengan cara ini, setelah satu tanggapan diterima, formulir tidak akan menerima tanggapan baru.

3. Jaga Kerahasiaan Data

Pastikan Anda menjaga kerahasiaan data responden Anda. Hindari membagikan data responden kepada pihak ketiga tanpa izin mereka. Anda juga dapat menggunakan fitur pemfilteran atau penyembunyian untuk melindungi informasi sensitif yang dikumpulkan.

4. Hapus Data Setelah Digunakan

Jika Anda tidak lagi membutuhkan data yang dikumpulkan melalui formulir, pastikan Anda menghapusnya secara permanen. Hapus tanggapan dan pastikan tidak ada salinan cadangan yang tersimpan di perangkat Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan dalam artikel ini, Anda akan dapat membuat Docs Google Form yang unik, rinci, dankomprehensif. Formulir ini akan menjadi alat yang efektif dalam mengumpulkan data dan mendapatkan wawasan berharga. Dalam proses membuat Docs Google Form, pastikan Anda memperhatikan detail-detail penting seperti pertanyaan yang jelas, logika pertanyaan yang relevan, media yang disisipkan dengan baik, tema dan tampilan yang menarik, serta analisis data yang akurat.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan aksesibilitas dan kepuasan pengguna. Pastikan formulir Anda mudah diakses oleh semua orang tanpa hambatan dan memberikan pengalaman yang memuaskan kepada responden. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda dapat menciptakan formulir yang user-friendly dan mengoptimalkan tingkat partisipasi.

Setelah formulir Anda selesai, jangan lupa untuk menyimpannya dengan baik dan membagikannya kepada responden. Gunakan opsi berbagi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti tautan formulir, penyisipan di situs web, atau pengiriman melalui email. Pastikan Anda mengatur notifikasi dan pengingat untuk tetap up-to-date dengan tanggapan formulir dan memastikan responden mengisi formulir tepat waktu.

Terakhir, tetaplah menjaga privasi dan keamanan data responden Anda. Pastikan Anda mengatur izin akses dengan hati-hati, membatasi penggunaan formulir jika diperlukan, menjaga kerahasiaan data, dan menghapus data setelah digunakan. Dengan melakukan ini, Anda dapat memberikan rasa aman dan kepercayaan kepada responden Anda.

Dalam kesimpulan, membuat Docs Google Form merupakan proses yang dapat dilakukan dengan mudah dan efektif. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan secara rinci dalam artikel ini, Anda akan dapat membuat formulir yang unik, rinci, dan komprehensif. Docs Google Form adalah alat yang kuat untuk mengumpulkan data dan mendapatkan wawasan berharga. Jadi, mulailah membuat formulir Anda sekarang dan nikmati manfaatnya dalam mengumpulkan informasi yang Anda butuhkan.

Leave a Reply