...

Cara Membuat Absen Di Google Classroom

5 min read

Selamat datang di blog kami! Pada artikel ini, kami akan membahas secara komprehensif tentang cara membuat absen di Google Classroom. Google Classroom adalah platform pembelajaran online yang digunakan oleh banyak guru dan siswa di seluruh dunia. Dengan menggunakan fitur absen di Google Classroom, guru dapat dengan mudah melacak kehadiran siswa secara digital dan menghemat waktu yang berharga. Mari kita mulai dan jelajahi langkah-langkah lengkap untuk membuat absen di Google Classroom!

Membuat Kelas di Google Classroom

Membuat kelas di Google Classroom adalah langkah pertama dalam membuat absen. Untuk membuat kelas, pertama-tama, Anda perlu masuk ke akun Google Classroom Anda. Setelah masuk, Anda akan melihat tombol “Buat Kelas” di bagian tengah halaman. Klik tombol tersebut untuk memulai proses pembuatan kelas baru.

Menambahkan Nama dan Deskripsi Kelas

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk memberikan nama dan deskripsi untuk kelas baru Anda. Pastikan nama kelas mencerminkan topik atau materi yang akan diajarkan. Selain itu, deskripsi kelas harus memberikan gambaran singkat tentang apa yang akan dipelajari siswa dalam kelas tersebut.

Mengundang Siswa ke Kelas

Setelah Anda memberikan nama dan deskripsi kelas, langkah selanjutnya adalah mengundang siswa untuk bergabung dengan kelas Anda. Terdapat dua cara untuk mengundang siswa: melalui email atau menggunakan kode kelas. Jika Anda ingin mengundang siswa melalui email, klik tombol “Undang Siswa” dan masukkan alamat email siswa yang ingin Anda undang. Jika Anda ingin menggunakan kode kelas, klik tombol “Tampilkan Kode Kelas” dan berikan kode tersebut kepada siswa.

Mengelola Kelas

Selanjutnya, Anda dapat mengelola kelas dengan menambahkan atau menghapus siswa, mengubah pengaturan kelas, dan melakukan tindakan lainnya. Untuk menambahkan siswa baru, klik tombol “Undang Siswa” dan ikuti langkah-langkah yang sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Untuk menghapus siswa, cukup pilih siswa yang ingin dihapus dari daftar siswa dan klik tombol “Hapus”.

Menggunakan Fitur Absen di Google Classroom

Setelah Anda berhasil membuat kelas di Google Classroom, saatnya menggunakan fitur absen yang disediakan. Fitur absen memungkinkan Anda untuk mencatat kehadiran siswa harian atau mingguan dengan mudah.

Membuat Absen Harian

Untuk membuat absen harian, buka kelas yang ingin Anda buat absen. Di bagian atas halaman kelas, Anda akan melihat tab “Absen”. Klik tab tersebut untuk melanjutkan. Selanjutnya, Anda akan melihat tombol “Buat Absen” di bagian tengah halaman. Klik tombol tersebut dan Anda akan diarahkan ke halaman pembuatan absen harian.

Membuat Absen Mingguan

Jika Anda ingin membuat absen mingguan, langkahnya hampir sama dengan membuat absen harian. Namun, kali ini Anda perlu memilih opsi “Mingguan” di halaman pembuatan absen. Setelah memilih opsi tersebut, Anda dapat mengatur tanggal dan waktu untuk setiap sesi absen dalam seminggu.

Mengedit Absen

Jika ada perubahan atau kesalahan dalam absen yang telah Anda buat, Anda dapat dengan mudah mengeditnya. Untuk mengedit absen, buka kelas yang terkait dan klik tab “Absen”. Pilih absen yang ingin Anda edit, lalu klik tombol “Edit”. Di halaman pengeditan absen, Anda dapat menambahkan, menghapus, atau mengubah status kehadiran siswa.

Mengunduh Laporan Kehadiran Siswa

Setelah absen selesai, Anda dapat mengunduh laporan kehadiran siswa. Untuk melakukannya, buka kelas yang terkait dan klik tab “Absen”. Pilih absen yang ingin Anda unduh laporan kehadirannya, lalu klik tombol “Unduh”. Pilih format file yang diinginkan, seperti Excel atau PDF, dan simpan file laporan kehadiran di komputer atau perangkat Anda.

Menandai Kehadiran Siswa

Sekarang, kita akan membahas langkah-langkah untuk menandai kehadiran siswa di Google Classroom. Setelah Anda membuat absen, tugas selanjutnya adalah menandai kehadiran siswa berdasarkan status yang telah ditentukan.

Menggunakan Opsi Hadir

Untuk menandai siswa yang hadir, buka absen yang ingin Anda tandai dan pilih status “Hadir” untuk setiap siswa yang hadir. Anda dapat menggunakan kotak centang di sebelah nama siswa atau mengklik tombol “Hadir” di sebelah nama siswa.

Menggunakan Opsi Absen

Jika ada siswa yang tidak hadir dalam sesi pelajaran, Anda dapat menandai mereka sebagai “Absen”. Untuk melakukannya, buka absen yang terkait dan pilih status “Absen” untuk siswa yang tidak hadir. Anda juga dapat menggunakan kotak centang di sebelah nama siswa atau mengklik tombol “Absen” di sebelah nama siswa.

Menggunakan Opsi Terlambat

Jika ada siswa yang tiba terlambat dalam sesi pelajaran, Anda dapat menandai mereka sebagai “Terlambat”. Untuk melakukannya, buka absen yang terkait dan pilih status “Terlambat” untuk siswa yang tiba terlambat. Anda juga dapat menggunakan kotak centang di sebelah nama siswa atau mengklik tombol “Terlambat” di sebelah nama siswa.

Menggunakan Opsi Izin

Jika ada siswa yang memiliki izin khusus, misalnya izin sakit atau izin keluarga, Anda dapat menandai mereka sebagai “Izin”. Untuk melakukannya, buka absen yang terkait dan pilih status “Izin” untuk siswa yang memiliki izin. Anda juga dapat menggunakan kotak centang di sebelah nama siswa atau mengklik tombol “Izin” di sebelah nama siswa.

Mengelola Kehadiran Siswa

Selain menandai kehadiran siswa, Anda juga dapat mengelola kehadiran siswa dengan menambahkan siswa terlambat, mengedit kehadiran, atau menghapus kehadiran yang salah.

Menambahkan Siswa Terlambat

Jika ada siswa yang tiba terlambat dalam sesi pelajaran, Anda dapat dengan mudah menambahkan mereka ke dalam daftar absen terlambat. Untuk melakukannya, buka absen yang terkait dan klik tombol “Tambah Siswa Terlambat”. Pilih siswa yang ingin Anda tambahkan dan klik tombol “Simpan”.

Mengedit Kehadiran

Jika ada kesalahan dalam kehadiran siswa yang telah Anda tandai, Anda dapat mengeditnya dengan mudah. Untuk mengedit kehadiran, buka absen yang terkait dan klik tombol “Edit Kehadiran”. Di halaman pengeditan kehadiran, Anda dapat mengubah status kehadiran siswa, seperti dari “Terlambat” menjadi “Hadir” atau sebaliknya.

Menghapus Kehadiran

Jika Anda perlu menghapus kehadiran siswa yang salah, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Untuk menghapus kehadiran, buka absen yang terkait dan pilih siswa yang ingin Anda hapus kehadirannya. Klik tombol “Hapus” dan konfirmasikan tindakan tersebut. Kehadiran siswa yang dihapus tidak akan tercatat dalam laporan kehadiran.

Mengirim Pengingat Kehadiran

Untuk memastikan siswa mengisi absen dengan benar, Anda dapat mengirimkan pengingat kehadiran kepadasiswa-siswa di Google Classroom. Terdapat dua cara untuk mengirim pengingat kehadiran: pengingat otomatis dan pengingat manual.

Mengirimkan Pengingat Otomatis

Pada Google Classroom, Anda dapat mengatur pengingat otomatis untuk mengingatkan siswa untuk mengisi absen. Untuk melakukannya, buka absen yang terkait dan klik tombol “Pengaturan”. Di halaman pengaturan, aktifkan opsi “Kirim Pengingat Otomatis” dan atur jadwal pengingat yang diinginkan, seperti setiap hari atau setiap minggu. Setelah Anda mengatur pengingat otomatis, siswa akan menerima notifikasi untuk mengisi absen sesuai jadwal yang Anda tentukan.

Mengirimkan Pengingat Manual

Selain pengingat otomatis, Anda juga dapat mengirimkan pengingat kehadiran secara manual jika diperlukan. Untuk melakukannya, buka absen yang terkait dan klik tombol “Kirim Pengingat”. Tuliskan pesan pengingat yang ingin Anda sampaikan kepada siswa dan klik tombol “Kirim”. Siswa akan menerima pesan pengingat kehadiran di Google Classroom mereka.

Menggunakan Aplikasi Absen Eksternal

Google Classroom juga memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan aplikasi absen eksternal, seperti Google Forms atau Quizizz, untuk memperluas fungsionalitas absen dan mengoptimalkan pelaporan kehadiran siswa.

Menggunakan Google Forms

Dengan menggunakan Google Forms, Anda dapat membuat formulir absen yang dapat diisi oleh siswa. Untuk melakukannya, buatlah formulir dengan pertanyaan yang sesuai, seperti nama siswa dan status kehadiran. Setelah formulir selesai, salin tautan formulir dan bagikan kepada siswa melalui Google Classroom. Setelah siswa mengisi formulir, Anda dapat dengan mudah mengumpulkan dan menganalisis data kehadiran mereka.

Menggunakan Quizizz

Quizizz adalah platform game interaktif yang dapat digunakan untuk mengambil absen siswa. Anda dapat membuat kuis singkat dengan pertanyaan tentang kehadiran siswa dan meminta mereka untuk menjawab dengan memilih opsi hadir, absen, terlambat, atau izin. Setelah siswa menjawab kuis, Anda dapat melihat dan menganalisis kehadiran mereka di dashboard Quizizz.

Menggunakan Tautan Absen di Google Classroom

Untuk mempermudah siswa mengisi kehadiran, Anda dapat menggunakan tautan absen di Google Classroom. Tautan absen adalah tautan khusus yang mengarahkan siswa langsung ke halaman absen untuk mengisi kehadiran mereka dengan cepat.

Membagikan Tautan Absen

Untuk membagikan tautan absen kepada siswa, buka absen yang terkait dan klik tombol “Bagikan Tautan”. Salin tautan yang muncul dan bagikan kepada siswa melalui Google Classroom atau alat komunikasi lainnya. Ketika siswa mengklik tautan, mereka akan langsung diarahkan ke halaman absen untuk mengisi kehadiran mereka.

Menggunakan Tautan Absen di Pengumuman

Anda juga dapat menggunakan tautan absen dalam pengumuman di Google Classroom. Ketika membuat pengumuman baru, tambahkan tautan absen ke dalam teks pengumuman. Siswa dapat mengakses tautan langsung dari pengumuman dan mengisi kehadiran mereka dengan mudah.

Menganalisis Laporan Kehadiran

Setelah Anda mengumpulkan laporan kehadiran siswa, penting untuk menganalisis data tersebut untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang kehadiran siswa dan membuat pembaruan yang diperlukan dalam proses pembelajaran.

Membaca Laporan Kehadiran

Untuk membaca laporan kehadiran, buka file laporan yang telah Anda unduh sebelumnya. Laporan akan memuat informasi tentang nama siswa, tanggal, dan status kehadiran mereka. Anda dapat membaca laporan secara keseluruhan atau menggunakan fitur pencarian untuk mencari data spesifik.

Menganalisis Tren Kehadiran

Setelah membaca laporan kehadiran, perhatikan tren kehadiran siswa. Perhatikan pola kehadiran yang mungkin muncul, seperti siswa yang sering terlambat atau sering absen. Analisis ini akan membantu Anda mengidentifikasi masalah kehadiran dan mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan partisipasi siswa.

Membuat Pembaruan Berdasarkan Data

Berdasarkan analisis laporan kehadiran, Anda dapat membuat pembaruan dalam proses pembelajaran. Misalnya, jika Anda melihat bahwa beberapa siswa sering terlambat, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengubah jadwal pelajaran atau memberikan pengingat khusus kepada siswa tersebut. Menggunakan data kehadiran secara efektif akan membantu meningkatkan partisipasi dan kualitas pembelajaran di kelas Anda.

Secara keseluruhan, membuat absen di Google Classroom melibatkan langkah-langkah yang teratur dan efisien. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat dengan mudah membuat dan mengelola absen di Google Classroom dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam penggunaan Google Classroom!

Leave a Reply