...

Cara Masuk Google Classroom

6 min read

Google Classroom adalah platform pembelajaran online yang sangat populer di kalangan guru dan siswa. Dengan Google Classroom, guru dapat dengan mudah mengelola kelas virtual, mengunggah materi pelajaran, memberikan tugas, dan berinteraksi dengan siswa secara online. Bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan Google Classroom, mungkin ada kebingungan tentang cara masuk ke dalam platform ini. Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara masuk ke Google Classroom.

Langkah pertama dalam menggunakan Google Classroom adalah memastikan Anda memiliki akun Google yang valid. Jika Anda belum memiliki akun Google, Anda dapat membuatnya dengan mudah melalui situs web Google atau aplikasi Google. Setelah memiliki akun Google, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk masuk ke Google Classroom.

Masuk Menggunakan Akun Google

Langkah pertama adalah membuka browser web favorit Anda dan pergi ke situs web Google Classroom. Setelah itu, cari tombol “Masuk” yang terletak di pojok kanan atas layar. Ketika Anda mengklik tombol “Masuk”, Anda akan diarahkan ke halaman masuk Google.

Masukkan Alamat Email dan Kata Sandi

Pada halaman masuk Google, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email dan kata sandi yang terkait dengan akun Google Anda. Pastikan Anda memasukkan informasi yang benar dan klik tombol “Berikutnya” untuk melanjutkan.

Verifikasi dengan Metode Keamanan

Jika Anda telah mengaktifkan metode keamanan tambahan, seperti verifikasi dua langkah, Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke perangkat Anda. Masukkan kode verifikasi dengan benar dan klik tombol “Verifikasi” untuk melanjutkan.

Akses Google Classroom

Setelah berhasil masuk, Anda akan diarahkan ke halaman beranda Google Classroom. Di sini, Anda akan melihat daftar kelas yang Anda ikuti atau kelas yang Anda kelola sebagai guru.

Masuk Menggunakan Kode Kelas

Bagi siswa yang ingin bergabung dengan kelas di Google Classroom, mereka memiliki opsi untuk memasukkan kode kelas yang diberikan oleh guru mereka. Langkah-langkahnya mirip dengan masuk menggunakan akun Google, tetapi dengan memilih opsi “Saya adalah siswa” dan memasukkan kode kelas yang diberikan.

Pilih Opsi “Saya adalah Siswa”

Setelah membuka halaman masuk Google Classroom, pilih opsi “Saya adalah siswa” di bawah tombol “Berikutnya”.

Masukkan Kode Kelas

Guru akan memberikan kode kelas kepada siswa yang ingin bergabung. Masukkan kode kelas yang diberikan oleh guru Anda dan klik tombol “Bergabung”.

Akses Google Classroom

Setelah berhasil masuk, Anda akan diarahkan ke halaman beranda Google Classroom, di mana Anda akan melihat kelas yang telah Anda gabungkan dan tugas yang mungkin perlu Anda selesaikan.

Mengelola Profil Pengguna

Setelah berhasil masuk ke Google Classroom, penting untuk mengelola profil pengguna Anda. Profil Anda adalah representasi diri Anda di Google Classroom, jadi pastikan untuk mengatur dan memperbarui informasi dengan akurat.

Buka Profil Anda

Untuk mengelola profil pengguna Anda, klik ikon profil Anda di pojok kanan atas layar dan pilih opsi “Kelola profil Google”.

Atur Foto Profil

Pada halaman pengelolaan profil, Anda dapat mengatur foto profil Anda. Pilih opsi “Pilih Foto Profil” dan pilih foto yang ingin Anda gunakan. Pastikan foto yang Anda pilih sesuai dengan kebijakan dan etika sekolah atau institusi Anda.

Ubah Nama Anda

Anda juga dapat mengubah nama yang ditampilkan di Google Classroom. Pilih opsi “Ubah Nama” dan masukkan nama yang ingin Anda gunakan. Pastikan nama yang Anda masukkan sesuai dengan kebijakan dan aturan yang berlaku.

Pengaturan Privasi

Di halaman pengelolaan profil, Anda juga dapat mengelola pengaturan privasi Anda. Pilih opsi “Pengaturan Privasi” untuk mengatur siapa yang dapat melihat informasi Anda dan bagaimana cara mereka berinteraksi dengan Anda di Google Classroom.

Membuat Kelas

Jika Anda adalah seorang guru, langkah selanjutnya adalah membuat kelas di Google Classroom. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Buka Google Classroom

Setelah berhasil masuk ke Google Classroom, klik tombol “+” yang terletak di pojok kanan atas layar. Kemudian, pilih opsi “Buat kelas”.

Isi Informasi Kelas

Anda akan diminta untuk memberikan informasi tentang kelas yang akan Anda buat. Berikan nama kelas yang jelas dan deskripsi singkat yang menjelaskan topik dan tujuan kelas Anda. Anda juga dapat mengatur kode kelas yang unik untuk siswa dapat bergabung ke dalam kelas Anda.

Klik Tombol “Buat”

Setelah Anda selesai mengisi informasi kelas, klik tombol “Buat” untuk membuat kelas Anda di Google Classroom. Setelah itu, Anda akan langsung diarahkan ke halaman kelas yang baru Anda buat.

Menambahkan Siswa ke Kelas

Setelah membuat kelas di Google Classroom, langkah selanjutnya adalah menambahkan siswa ke dalam kelas tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Buka Kelas yang Ingin Anda Tambahkan Siswa

Di halaman beranda Google Classroom, klik pada kelas yang ingin Anda tambahkan siswa.

Pilih Opsi “Siswa”

Di halaman kelas, klik tombol “Siswa” di bagian atas halaman. Anda akan melihat daftar siswa yang sudah ada di kelas.

Tambahkan Siswa

Klik tombol “Tambahkan Siswa” di bagian atas daftar siswa. Anda akan diberikan beberapa pilihan untuk menambahkan siswa ke dalam kelas Anda.

Masukkan Alamat Email Siswa

Anda dapat memasukkan alamat email siswa secara manual untuk mengundang mereka ke dalam kelas. Pastikan Anda memasukkan alamat email yang benar agar siswa dapat menerima undangan.

Berbagi Kode Kelas

Anda juga dapat berbagi kode kelas dengan siswa. Kode kelas adalah kode unik yang dapat siswa gunakan untuk bergabung dengan kelas Anda. Berikan kode kelas kepada siswa dan minta mereka memasukkan kode tersebut ketika mereka bergabung dengan kelas Anda.

Siswa Bergabung dengan Kelas

Setelah siswa menerima undangan atau memasukkan kode kelas, mereka akan secara otomatis bergabung dengan kelas Anda. Anda akan melihat nama siswa yang baru bergabung dalam daftar siswa kelas Anda.

Mengunggah Materi Pelajaran

Salah satu fitur utama Google Classroom adalah kemampuannya untuk mengunggah materi pelajaran, seperti presentasi, file PDF, atau dokumen Word. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Buka Kelas yang Ingin Anda Unggah Materi Pelajarannya

Di halaman beranda Google Classroom, klik pada kelas yang ingin Anda unggah materi pelajarannya.

Pilih Opsi “Tugas”

Di halaman kelas, klik tombol “Tugas” di bagian atas halaman. Anda akan melihat daftar tugas yang telah Anda berikan kepada siswa.

Tambahkan Materi

Klik tombol “Tambahkan Materi” di bagian atas daftar tugas. Anda akan diberikan beberapa pilihan untuk mengunggah materi pelajaran Anda.

Pilih File dari Komputer atau Google Drive

Anda dapat memilih untuk mengunggah file dari komputer Anda atau langsung dari Google Drive Anda. Jika ingin mengunggah dari komputer, pilih opsi “Unggah dari Komputer” dan cari file yang ingin Anda unggah di perangkat Anda. Jika ingin mengunggah dari Google Drive, pilih opsi “Unggah dari Google Drive” dan pilih file yang ingin Anda unggah dari Google Drive Anda.

Berikan Judul dan Deskripsi

Setelah memilih file yang ingin Anda unggah, berikan judul yang jelas dan deskripsi singkat tentang materi pelajaran tersebut. Judul dan deskripsi akan membantu siswa memahami isi dari materi yang Anda bagikan.

Pilih Tanggal Pengumpulan

Anda juga dapat memilih tanggal pengumpulan untuk materi pelajaran yang Anda unggah. Tanggal pengumpulan akan memberi batas waktu bagi siswa untuk menyelesaikan tugas atau mempelajari materi tersebut.

Klik Tombol “Kirim”

Setelah Anda selesai mengunggah materi pelajaran, klik tombol “Kirim” untuk membagikan materi tersebut kepada siswa. Materi yang Anda unggah akan muncul di daftar tugas dan siswa dapat mengaksesnya untuk membaca, mengunduh, atau mencetak materi tersebut.

Memberikan Tugas

Salah satu fitur yang sangat berguna dalam Google Classroom adalah kemampuannya untuk memberikan tugas kepada siswa. Berikut adalah langkah-langkah untuk memberikan tugas:

Buka Kelas yang Ingin Anda Berikan Tugasnya

Di halaman beranda Google Classroom, klik pada kelas yang ingin Anda berikan tugasnya.

Pilih Opsi “Tugas”

Di halaman kelas, klik tombol “Tugas” di bagian atas halaman. Anda akan melihat daftar tugas yang telah Anda berikan kepada siswa.

Klik Tombol “Buat Tugas”

Klik tombol “Buat Tugas” di bagian atas daftar tugas. Anda akan diarahkan ke halaman pembuatan tugas.

Berikan Judul Tugas

Pada halaman pembuatan tugas, berikan judul tugas yang jelas dan deskripsi singkat tentang tugas tersebut. Judul dan deskripsi akan membantu siswa memahami apa yang diharapkan dari tugas tersebut.

Tentukan Tanggal Pengumpulan

Anda dapat menentukan tanggal pengumpulan untuk tugas yang Anda berikan. Tanggal pengumpulan akan memberi batas waktu bagi siswa untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Pilih Opsi Pengiriman Tugas

Anda dapat memilih opsi pengiriman tugas, seperti “File”, “Teks”, atau “Tautan”. Jika ingin siswa mengumpulkan tugas dalam bentuk file, pilih opsi “File” dan siswa dapat mengunggah file yang relevan. Jika ingin siswa menulis teks sebagai tugas, pilih opsi “Teks” dan siswa dapat menulis teks langsung di Google Classroom. Jika ingin siswa mengirimkan tugas melalui tautan ke dokumen di luar Google Classroom, pilih opsi “Tautan”.

Klik Tombol “Simpan”

Setelah Anda selesai membuat tugas, klik tombol “Simpan” untuk membagikan tugas tersebut kepada siswa. Tugas yang Anda berikan akan muncul di daftar tugas siswa dan mereka dapat mengaksesnya untuk melihat instruksi lebih lanjut dan mengirimkan tugas yang telah mereka selesaikan.

Mengirim Pesan ke Siswa

Google Classroom juga menyediakan fitur pesan yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan siswa secara langsung. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Buka Kelas yang Ingin Anda Kirim Pesannya

Di halaman beranda Google Classroom, klik pada kelas yang ingin Anda kirim pesannya.

Pilih Opsi “Pesan”

Di halaman kelas, klik tombol “Pesan” di bagian atas halaman. Anda akan melihat kotak masuk pesan Anda.

Tulis Pesan

Klik tombol “Tulis Pesan” untuk membuat pesan baru. Anda dapat menulis pesan langsung di dalam kotak pesan atau memilih siswa tertentu untuk mengirim pesan pribadi.

Kirim Pesan

Setelah menulis pesan Anda, klik tombol “Kirim” untuk mengirim pesan kepada siswa atau seluruh kelas. Pesan yang Anda kirim akan muncul di kotak masuk siswa dan mereka dapat membacanya dan memberikan tanggapan jika perlu.

Meninjau Pekerjaan Siswa

Setelah siswa mengirimkan tugas mereka, Anda dapat meninjau pekerjaan mereka, memberikan komentar, dan memberikan umpan balik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Buka Tugas yang Ingin Anda Tinjau

Di halaman beranda Google Classroom, klik pada kelas yang ingin Anda tinjau pekerjaan siswanya.

Pilih Opsi “Tugas”

Di halaman kelas, klik tombol “Tugas” di bagian atas halaman. Anda akan melihat daftar tugas yang telah Anda berikan kepada siswa.

Buka Tugas yang Ingin Anda Tinjau

Klik pada tugas yang ingin Anda tinjau untuk melihat pekerjaan siswa.

Tinjau Pekerjaan Siswa

Anda dapat melihat pekerjaan yang telah dikumpulkan oleh siswa, membaca tugas yang mereka selesaikan, dan melihat file yang mereka unggah. Anda juga dapat memberikan komentar dan umpan balik langsung di dalam tugas tersebut.

Beri Nilai Tugas

Jika Anda ingin memberikan nilai kepada tugas siswa, Anda dapat menggunakan skala penilaian yang telah Anda tentukan sebelumnya. Berikan nilai yang sesuai dengan kualitas pekerjaan siswa dan jangan lupa memberikan umpan balik konstruktif yang dapat membantu mereka meningkatkan kinerja mereka di masa depan.

Mengakses Google Classroom dari Perangkat Seluler

Google Classroom juga dapat diakses melalui perangkat seluler, seperti smartphone atau tablet. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Unduh Aplikasi Google Classroom

Periksa toko aplikasi resmi di perangkat seluler Anda, seperti App Store untuk pengguna iOS atau Google Play Store untuk pengguna Android. Cari aplikasi Google Classroom dan unduh aplikasi tersebut.

Buka Aplikasi Google Classroom

Setelah mengunduh aplikasi, buka aplikasi Google Classroom di perangkat seluler Anda.

Masuk Menggunakan Akun Google

Anda akan diminta untuk masuk menggunakan akun Google Anda. Masukkan alamat email dan kata sandi yang terkait dengan akun Google Anda dan ikuti langkah-langkah verifikasi tambahan jika diperlukan.

Akses Kelas dan Materi Pelajaran

Setelah berhasil masuk, Anda akan dapat mengakses kelas yang Anda ikuti atau kelas yang Anda kelola sebagai guru. Anda juga dapat mengunggah materi pelajaran, memberikan tugas, dan berinteraksi dengan siswa melalui perangkat seluler Anda.

Dengan panduan lengkap ini, Anda sekarang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang cara masuk ke Google Classroom dan menggunakan berbagai fitur yang ditawarkan. Baik Anda seorang guru atau siswa, Google Classroom dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam memfasilitasi pembelajaran online. Manfaatkanlah fitur-fitur Google Classroom untuk meningkatkan pengalaman belajar Anda. Selamat belajar!

Leave a Reply