...

Cara Kirim Video Ke Google Drive

7 min read

Apakah Anda ingin membagikan video kepada teman atau rekan kerja tetapi ukuran file terlalu besar untuk dikirim melalui email? Jangan khawatir, Anda dapat dengan mudah mengirim video ke Google Drive dan berbagi tautan dengan orang lain. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengirim video ke Google Drive, sehingga Anda dapat dengan mudah membagikannya dengan orang lain.

Sebelum kita mulai, pastikan Anda memiliki akun Google Drive dan akses internet yang stabil. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengirim video ke Google Drive:

Buat Folder Baru di Google Drive

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat folder khusus untuk video yang ingin Anda kirim. Ini akan membantu Anda mengatur dan menyimpan video dengan lebih baik di Google Drive. Setelah masuk ke akun Google Drive Anda, klik tombol “Buat” dan pilih “Folder”. Beri nama folder sesuai keinginan Anda dan tekan tombol “Buat”.

Membuat folder baru di Google Drive adalah langkah pertama yang penting untuk mengatur dan menyimpan video dengan lebih baik. Dengan memiliki folder khusus, Anda dapat dengan mudah menemukan video yang ingin Anda kirim dan menjaga keberlanjutan pengelolaan video di Google Drive. Setelah Anda membuat folder, pastikan untuk memberi nama yang relevan dan deskripsi jika diperlukan untuk memudahkan identifikasi video di masa mendatang.

Setelah Anda membuat folder, pastikan untuk memberi izin akses yang sesuai. Anda dapat mengatur apakah folder tersebut hanya dapat diakses oleh Anda sendiri, orang-orang yang Anda undang, atau bahkan semua orang yang memiliki tautan. Ini penting untuk menjaga keamanan dan privasi video yang Anda bagikan. Jika Anda ingin membagikan video dengan beberapa orang, Anda dapat memilih opsi “Mengundang orang” dan memasukkan alamat email mereka untuk memberikan akses.

Setelah folder selesai dibuat dan dikonfigurasi sesuai keinginan Anda, Anda siap untuk mengunggah video ke Google Drive.

Buka Folder Baru dan Pilih “Unggah”

Setelah Anda membuat folder baru, buka folder tersebut dengan mengklik namanya. Di dalam folder, klik tombol “Unggah” yang berada di bagian atas halaman. Ini akan membuka jendela baru yang memungkinkan Anda untuk mengunggah file dari perangkat Anda ke Google Drive.

Setelah Anda mengklik tombol “Unggah”, Anda akan melihat beberapa opsi. Anda dapat memilih untuk mengunggah file dari perangkat Anda atau mengambil dari Drive Anda jika Anda telah mengunggahnya sebelumnya. Pilih opsi “File” untuk mengunggah video dari perangkat Anda.

Mencari tombol “Unggah” di folder baru di Google Drive adalah langkah penting untuk memulai proses pengunggahan video. Setelah Anda mengklik tombol “Unggah”, Anda akan melihat jendela pop-up yang memungkinkan Anda untuk memilih file dari perangkat Anda. Pastikan untuk menavigasi ke tempat di mana video yang ingin Anda unggah disimpan. Anda dapat menggunakan tautan di sebelah kiri jendela untuk beralih antara folder dan drive dalam perangkat Anda.

Jika Anda ingin mengunggah beberapa video sekaligus, Anda dapat memilih beberapa file dengan menahan tombol Ctrl (pada Windows) atau Command (pada Mac) saat memilih file. Pastikan untuk memilih semua video yang ingin Anda unggah sekaligus untuk menghemat waktu dan usaha. Setelah Anda memilih file-file tersebut, klik tombol “Buka” untuk memulai proses pengunggahan.

Pilih Video yang Ingin Anda Unggah

Pada jendela “Unggah”, cari video yang ingin Anda kirim ke Google Drive. Klik pada video tersebut untuk memilihnya, kemudian klik tombol “Buka” atau “Unggah”. Pastikan Anda mengunggah video dengan format yang didukung oleh Google Drive, seperti .mp4 atau .mov.

Ketika Anda mencari video yang ingin diunggah, pastikan untuk menavigasi ke folder atau lokasi di perangkat Anda di mana video tersebut disimpan. Ini akan memudahkan Anda menemukan dan memilih video dengan cepat. Jika Anda memiliki banyak video dan tidak dapat menemukannya dengan mudah, Anda dapat menggunakan kotak pencarian di bagian atas jendela untuk memasukkan nama file video atau kata kunci terkait untuk menyaring hasil.

Jika Anda mengunggah video dengan format yang tidak didukung oleh Google Drive, Anda akan melihat peringatan yang menyatakan bahwa video tidak dapat diputar di Google Drive. Pastikan untuk mengonversi video ke format yang didukung sebelum mengunggahnya untuk memastikan bahwa orang lain dapat memutar video tanpa masalah.

Tunggu Hingga Proses Unggah Selesai

Setelah Anda memilih video yang ingin diunggah, tunggu hingga proses unggah selesai. Lamanya waktu yang dibutuhkan tergantung pada ukuran video dan kecepatan internet Anda. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil selama proses ini.

Proses pengunggahan video ke Google Drive mungkin memakan waktu tergantung pada ukuran video dan kecepatan internet Anda. Pastikan untuk tidak menghentikan proses unggah atau memutuskan koneksi internet saat proses berlangsung, karena ini dapat menyebabkan video tidak terunggah sepenuhnya atau bahkan rusak. Jika video cukup besar, Anda mungkin perlu menunggu beberapa saat sebelum proses pengunggahan selesai.

Selama proses pengunggahan, Anda mungkin melihat indikator kemajuan yang menunjukkan berapa persen video yang telah diunggah. Ini akan memberi Anda perkiraan waktu yang tersisa untuk menyelesaikan proses. Jika Anda ingin meninggalkan halaman atau menutup tab browser saat proses berlangsung, pastikan untuk tidak menutup jendela pengunggahan, karena ini akan menghentikan proses dan memerlukan Anda untuk memulainya kembali dari awal.

Bagikan Tautan Video dari Google Drive

Setelah video berhasil diunggah, klik kanan pada video tersebut di Google Drive dan pilih opsi “Dapatkan tautan”. Anda dapat memilih apakah tautan tersebut dapat diakses oleh semua orang atau hanya oleh orang-orang yang Anda undang. Salin tautan tersebut dan bagikan dengan orang lain melalui email, pesan teks, atau platform komunikasi lainnya.

Setelah video berhasil diunggah, Anda akan dapat berbagi tautan video dengan orang lain. Tautan ini memungkinkan orang lain untuk mengakses dan menonton video yang Anda bagikan. Untuk mendapatkan tautan video, klik kanan pada video yang ingin Anda bagikan di Google Drive dan pilih opsi “Dapatkan tautan”. Setelah itu, Anda akan melihat jendela pop-up dengan pilihan akses tautan. Anda dapat memilih apakah tautan tersebut dapat diakses oleh semua orang yang memiliki tautan, atau hanya oleh orang-orang yang Anda undang.

Saat Anda menyalin tautan video, pastikan untuk memilih opsi yang sesuai dengan tujuan Anda dalam membagikan video. Jika Anda ingin membagikan video secara terbuka kepada semua orang, Anda dapat memilih opsi “Siapa pun dengan tautan dapat melihat”. Jika Anda ingin membatasi akses ke video hanya kepada orang-orang yang Anda undang, Anda dapat memilih opsi “Orang-orang yang telah diundang dapat melihat”. Jika Anda ingin mengatur izin akses dengan lebih rinci, Anda dapat mengklik “Lainnya” untuk melihat opsi tambahan.

Setelah Anda menyalin tautan video, Anda dapat membagikannya dengan orang lain melalui berbagai cara. Anda dapat mengirim tautan melalui email, pesan teks, atau platform komunikasi lainnya. Jika Anda ingin membagikan video di media sosial, Anda dapat menempelkan tautan di postingan atau pesan. Pastikan untuk memberikan penjelasan singkat tentang video tersebut untuk memancing minat orang untuk menontonnya.

Bagikan Video Melalui Email

Jika Anda ingin mengirim video ke seseorang melalui email, Anda dapat melampirkan tautan video dari Google Drive ke dalam email tersebut. Tulis pesan yang sesuai dan tambahkan tautan video di dalamnya. Penerima email dapat mengklik tautan tersebut dan mengakses video langsung dari Google Drive.

Untuk membagikan video melalui email, buka email baru dan tulis pesan yang ingin Anda sampaikan kepada penerima. Jelaskan tentang video yang ingin Anda bagikan dan mengapa Anda membagikannya. Setelah itu, salin dan tempelkan tautan video dari Google Drive ke dalam email.

Pastikan untuk memberikan instruksi yang jelas kepada penerima tentang cara mengakses video. Jelaskan bahwa mereka perlu mengklik tautan untuk membuka video di Google Drive. Jika Anda ingin memberikan akses hanya kepada penerima email tertentu, pastikan untuk menyesuaikan pengaturan izin akses tautan sebelum Anda membagikannya melalui email.

>Undang Orang Lain untuk Mengakses Video

Jika Anda ingin memberikan akses kepada orang-orang tertentu untuk melihat atau mengunduh video dari Google Drive, Anda dapat mengundang mereka. Klik kanan pada video di Google Drive, pilih opsi “Bagikan” dan masukkan alamat email orang yang ingin Anda undang. Anda juga dapat menentukan izin akses yang diinginkan, seperti hanya melihat atau mengedit video.

Untuk mengundang orang lain untuk mengakses video, buka Google Drive dan temukan video yang ingin Anda bagikan. Klik kanan pada video tersebut dan pilih opsi “Bagikan”. Ini akan membuka jendela “Bagikan dengan orang lain” di sebelah kanan layar.

Di jendela “Bagikan dengan orang lain”, masukkan alamat email orang yang ingin Anda undang ke kolom yang disediakan. Jika Anda ingin mengundang beberapa orang sekaligus, Anda dapat memasukkan beberapa alamat email, yang dipisahkan oleh koma. Jika Anda ingin mengundang semua orang dalam daftar kontak Anda, Anda dapat mengklik ikon buku alamat di sebelah kolom email untuk membuka daftar kontak Anda.

Setelah Anda memasukkan alamat email, Anda dapat memilih izin akses yang ingin Anda berikan kepada orang-orang yang Anda undang. Google Drive menawarkan beberapa opsi izin akses, seperti “Pemilik”, “Editor”, “Pembaca”, atau “Pembaca yang dapat mengunduh”. Pemilik memiliki izin penuh untuk mengedit dan mengatur video, sedangkan Editor dapat mengedit video tetapi tidak dapat mengatur izin akses. Pembaca hanya dapat melihat video, sedangkan Pembaca yang dapat mengunduh dapat melihat dan mengunduh video.

Jika Anda ingin mengatur ulang izin akses untuk video yang telah Anda bagikan melalui Google Drive, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Buka Google Drive, klik kanan pada video, pilih opsi “Bagikan”, dan klik “Sunting” untuk mengubah izin akses. Anda dapat menghapus orang-orang yang memiliki akses atau menambahkan orang lain dengan izin akses yang berbeda.

>Atur Izin Akses untuk Video

Jika Anda ingin mengubah atau mengatur ulang izin akses untuk video yang telah Anda bagikan melalui Google Drive, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Buka Google Drive, klik kanan pada video, pilih opsi “Bagikan”, dan klik “Sunting” untuk mengubah izin akses. Anda dapat menghapus orang-orang yang memiliki akses atau menambahkan orang lain dengan izin akses yang berbeda.

Untuk mengatur ulang izin akses, buka Google Drive dan temukan video yang ingin Anda atur ulang izinnya. Klik kanan pada video tersebut dan pilih opsi “Bagikan”. Di jendela “Bagikan dengan orang lain”, Anda akan melihat daftar orang-orang yang telah Anda undang untuk mengakses video tersebut.

Untuk mengubah izin akses orang-orang yang telah Anda undang, klik ikon pulpen yang terletak di sebelah nama mereka. Ini akan membuka jendela “Edit orang” di sebelah kanan layar. Di jendela ini, Anda dapat mengubah izin akses orang tersebut dengan memilih opsi yang diinginkan dari menu drop-down izin akses.

Anda juga dapat menghapus orang-orang yang memiliki akses dengan mengklik ikon tempat sampah di sebelah nama mereka. Ini akan menghapus izin akses mereka dan mereka tidak akan dapat lagi mengakses video tersebut.

>Tambahkan Video ke Situs Web atau Blog

Jika Anda ingin menambahkan video yang telah diunggah ke Google Drive ke situs web atau blog Anda, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Buka Google Drive, klik kanan pada video yang ingin Anda tambahkan, pilih opsi “Dapatkan tautan” dan salin tautan video tersebut. Selanjutnya, masukkan tautan tersebut ke dalam kode HTML situs web atau blog Anda untuk menampilkan video tersebut.

Untuk menambahkan video dari Google Drive ke situs web atau blog, buka Google Drive dan temukan video yang ingin Anda tambahkan. Klik kanan pada video tersebut dan pilih opsi “Dapatkan tautan”. Ini akan membuka jendela “Dapatkan tautan” di sebelah kanan layar.

Di jendela “Dapatkan tautan”, salin tautan yang ditampilkan di bagian atas. Tautan ini akan mengarahkan orang yang mengkliknya ke video di Google Drive. Anda dapat menyalin tautan dengan mengklik tombol “Salin” di sebelah tautan atau dengan menekan tombol Ctrl+C (pada Windows) atau Command+C (pada Mac) pada keyboard Anda.

Setelah Anda menyalin tautan, Anda dapat memasukkannya ke dalam kode HTML situs web atau blog Anda. Untuk melakukannya, buka editor HTML untuk halaman web atau posting blog Anda. Cari tempat di mana Anda ingin menampilkan video dan tempelkan tautan yang telah Anda salin di sana. Pastikan untuk menyematkan tautan dalam tag yang sesuai untuk video, seperti

>Kelola Video di Google Drive

Google Drive menyediakan berbagai fitur pengelolaan video, seperti menambahkan deskripsi, mengatur label, atau menghapus video yang tidak diperlukan lagi. Anda dapat mengakses fitur-fitur ini dengan mengklik kanan pada video di Google Drive dan memilih opsi yang diinginkan.

Setelah Anda mengunggah video ke Google Drive, Anda dapat mengelolanya dengan berbagai cara. Misalnya, Anda dapat menambahkan deskripsi untuk video untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang konten atau tujuan video. Untuk melakukannya, klik kanan pada video di Google Drive, pilih opsi “Dapatkan info”, dan masukkan deskripsi di kolom yang disediakan.

Anda juga dapat mengatur label atau kategori untuk video agar lebih mudah ditemukan di Google Drive. Label dapat berupa kata kunci atau istilah yang relevan dengan video tersebut. Untuk menambahkan label, klik kanan pada video, pilih opsi “Dapatkan info”, dan masukkan label di kolom yang disediakan.

Jika Anda ingin menghapus video yang tidak diperlukan lagi, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Klik kanan pada video di Google Drive, pilih opsi “Hapus”, dan konfirmasikan penghapusan. Pastikan untuk mempertimbangkan keputusan ini dengan hati-hati, karena setelah video dihapus, Anda tidak akan dapat mengembalikannya ke Google Drive.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara mengirim video ke Google Drive. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengunggah video, berbagi tautan dengan orang lain, dan mengatur video dengan lebih baik di Google Drive. Selamat mencoba!

Leave a Reply