...

Cara Edit Google Form

5 min read

Google Form adalah alat yang sangat berguna untuk membuat survei, kuesioner, dan formulir online. Dengan menggunakan Google Form, Anda dapat dengan mudah mengumpulkan data, mengorganisir acara, mengadakan kuesioner, dan banyak lagi. Namun, mungkin ada saat-saat ketika Anda perlu mengedit formulir Google yang sudah ada atau menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengedit Google Form dengan mudah dan efektif.

Sebelum kita mulai, pastikan Anda sudah memiliki akun Google dan sudah membuat formulir Google. Jika belum, Anda dapat membuatnya dengan masuk ke akun Google Anda dan mengakses Google Drive. Setelah Anda membuat formulir, Anda dapat mengeditnya sesuai keinginan Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengedit formulir Google:

Mengakses Formulir Google

Langkah pertama dalam mengedit Google Form adalah dengan mengakses formulir melalui Google Drive. Setelah masuk ke akun Google Anda, buka Google Drive dengan mengklik ikon Drive di pojok kanan atas layar. Di Google Drive, Anda akan melihat daftar file dan folder yang Anda miliki. Cari formulir yang ingin Anda edit dan klik dua kali pada nama formulir tersebut untuk membukanya.

Setelah Anda mengakses formulir, Anda akan melihat tampilan formulir dengan semua pertanyaan dan pengaturan yang terkait. Sekarang Anda siap untuk mulai mengedit formulir Google Anda!

Mengedit Tampilan Formulir

Setelah mengakses formulir Google, langkah selanjutnya adalah mengedit tampilan formulir. Ini meliputi mengubah tema, latar belakang, dan warna formulir sesuai keinginan Anda. Dalam menu atas, klik opsi “Tema” untuk melihat berbagai tema yang tersedia. Pilih tema yang sesuai dengan gaya dan tujuan formulir Anda. Jika Anda ingin menggunakan gambar latar belakang kustom, Anda dapat mengunggahnya dari komputer Anda dengan mengklik opsi “Unggah gambar”. Setelah Anda puas dengan tampilan formulir, klik tombol “Selesai” di pojok kanan atas layar untuk menyimpan perubahan.

Dengan mengedit tampilan formulir, Anda dapat membuat formulir Anda terlihat menarik dan sesuai dengan tema atau merek Anda. Pastikan tampilan formulir mencerminkan tujuan dan konteks dari pertanyaan yang akan Anda ajukan.

Mengedit Pertanyaan dan Pilihan Jawaban

Setelah mengatur tampilan formulir, langkah selanjutnya adalah mengedit pertanyaan dan pilihan jawaban dalam formulir Google. Anda dapat menambahkan, menghapus, atau mengubah urutan pertanyaan sesuai kebutuhan Anda. Untuk mengedit pertanyaan, klik pada pertanyaan yang ingin Anda edit. Anda akan melihat beberapa opsi, seperti mengubah teks pertanyaan, menambahkan deskripsi, atau mengatur pertanyaan sebagai wajib diisi. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan jenis pertanyaan dengan mengklik ikon “Tambahkan pertanyaan” di bawah pertanyaan yang sedang Anda edit. Dalam menu ini, Anda dapat memilih dari berbagai jenis pertanyaan, seperti pilihan ganda, isian singkat, skala likert, dan lain-lain.

Selama proses pengeditan pertanyaan, pastikan pertanyaan yang Anda ajukan jelas dan tidak ambigu. Gunakan instruksi atau deskripsi tambahan jika diperlukan untuk membantu responden memahami konteks pertanyaan. Pilihan jawaban juga harus disusun dengan baik dan relevan dengan pertanyaan yang diajukan.

Menambahkan Logika dan Aturan

Untuk membuat formulir Google lebih interaktif dan dinamis, Anda dapat menambahkan logika dan aturan. Misalnya, Anda dapat membuat pertanyaan muncul atau disembunyikan berdasarkan jawaban sebelumnya atau membuat pertanyaan menjadi wajib diisi. Untuk menambahkan logika atau aturan ke pertanyaan, klik pada pertanyaan yang ingin Anda edit. Di sebelah kanan pertanyaan, Anda akan melihat ikon berbentuk roda gigi. Klik ikon ini untuk melihat opsi “Logika” atau “Aturan”. Di sini, Anda dapat membuat aturan berdasarkan jawaban atau kondisi tertentu. Misalnya, jika responden memilih jawaban A pada pertanyaan sebelumnya, munculkan pertanyaan B. Atau, jika responden memilih jawaban X, jadikan pertanyaan Y sebagai pertanyaan wajib diisi.

Dengan menambahkan logika dan aturan, Anda dapat mengarahkan responden ke pertanyaan yang relevan berdasarkan jawaban sebelumnya. Ini dapat membantu mengurangi kebingungan atau kelebihan pertanyaan yang tidak diperlukan oleh responden.

Menyesuaikan Pengaturan Formulir

Selanjutnya, Anda dapat menyesuaikan pengaturan formulir Google Anda. Pengaturan ini mencakup siapa yang dapat mengisi formulir, apakah hanya orang tertentu atau semua orang dengan tautan. Untuk mengatur ini, klik pada ikon “Tautan” di pojok kanan atas layar. Di sini, Anda akan melihat beberapa opsi, seperti “Siapa yang dapat mengisi formulir” dan “Batas tanggapan”. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan notifikasi email setiap kali ada tanggapan baru, mengubah tampilan ringkasan respons, atau mengaktifkan moderasi tanggapan jika Anda ingin meninjau tanggapan sebelumnya diterima.

Dalam pengaturan formulir, pastikan Anda mempertimbangkan privasi dan keamanan data. Jika Anda ingin membatasi akses ke formulir, pastikan Anda hanya memberikan tautan kepada responden yang diinginkan. Selain itu, jika Anda ingin mengumpulkan jumlah tanggapan tertentu, atur batas tanggapan sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.

Mengaktifkan Mode Terbit dan Mendistribusikan Formulir

Jika Anda sudah puas dengan pengeditan formulir, saatnya untuk mengaktifkan mode terbit dan mendistribusikannya. Pada bagian atas layar, klik tombol “Terbitkan” untuk mengaktifkan formulir. Setelah Anda mengaktifkan mode terbit, Anda akan melihat beberapa opsi untuk mendistribusikan formulir. Salah satu cara paling umum adalah dengan mengirimkan formulir melalui email. Klik ikon “Email” dan masukkan alamat email penerima dalam kolom yang tersedia. Anda juga dapat menyematkan formulir di situs web Anda dengan mengklik ikon “HTML” dan menyalin kode yang diberikan. Selain itu, Anda dapat berbagi tautan langsung ke formulir dengan menyalin URL yang diberikan.

Sebelum Anda mendistribusikan formulir, pastikan untuk memeriksa kembali pengaturan privasi dan aksesibilitas. Pastikan formulir dapat diakses oleh responden yang diinginkan dan bahwa tautan formulir tidak dikirimkan ke orang yang tidak berwenang.

Menerima Tanggapan dan Mengelola Respons

Setelah formulir Anda terbit, Anda dapat mulai menerima tanggapan dan mengelola respons melalui Google Form. Untuk melihat tanggapan yang masuk, kembali ke formulir di Google Drive dan klik ikon “Tanggapan” di atas formulir. Di sini, Anda akan melihat daftar tanggapan yang masuk, termasuk ringkasan respons dan tanggapan individu. Anda dapat mengklik setiap tanggapan untuk melihat detailnya atau mengunduh tanggapan dalam format Excel atau CSV.

Untuk mengelola respons, Anda dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh Google Form. Misalnya, Anda dapat menggunakan filter untuk menyaring tanggapan berdasarkan kriteria tertentu atau menggunakan fungsi “Ringkasan Respons” untuk melihat statistik dan grafik tanggapan secara keseluruhan. Anda juga dapat mengintegrasikan formulir dengan Google Sheets untuk secara otomatis mengumpulkan tanggapan ke dalam spreadsheet atau menghubungkannya dengan al

Mengedit Formulir yang Sudah Terbit

Saat Anda mendapatkan tanggapan atau mendapatkan umpan balik dari responden, Anda mungkin perlu melakukan perubahan atau penyempurnaan pada formulir yang sudah terbit. Untungnya, Anda masih dapat mengedit formulir yang sudah terbit dengan mudah. Perubahan yang Anda buat akan diterapkan secara otomatis pada formulir yang sudah ada dan tanggapan yang diterima. Untuk mengedit formulir yang sudah terbit, buka formulir di Google Drive dan klik tombol “Edit Formulir” di bagian atas formulir. Anda akan dibawa ke mode pengeditan di mana Anda dapat melakukan perubahan sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk menyimpan perubahan setelah Anda selesai mengedit.

Dengan kemampuan untuk mengedit formulir yang sudah terbit, Anda dapat terus memperbaiki dan meningkatkan formulir Anda seiring berjalannya waktu dan mendapatkan umpan balik dari responden. Pastikan untuk memeriksa tanggapan baru setelah setiap perubahan yang Anda lakukan dan menjaga formulir Anda tetap mutakhir dan relevan.

Mengintegrasikan dengan Aplikasi dan Alat Lainnya

Google Form dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi dan alat lainnya untuk meningkatkan fungsionalitasnya. Misalnya, Anda dapat menghubungkannya dengan Google Sheets untuk secara otomatis mengumpulkan tanggapan ke dalam spreadsheet yang mudah dikelola dan dianalisis. Caranya adalah dengan mengaktifkan opsi “Kumpulkan tanggapan dalam spreadsheet” di menu “Tanggapan”. Setelah diaktifkan, setiap tanggapan baru akan secara otomatis ditambahkan ke spreadsheet yang terkait.

Selain itu, Anda juga dapat mengintegrasikan formulir dengan alat manajemen tugas atau alat kolaborasi tim yang Anda gunakan. Misalnya, Anda dapat membuat tugas berdasarkan tanggapan dengan menggunakan integrasi formulir dengan alat manajemen tugas seperti Trello atau Asana. Caranya adalah dengan menggunakan layanan otomatis seperti Zapier atau IFTTT untuk menghubungkan formulir dengan alat tersebut.

Dengan mengintegrasikan formulir Google dengan aplikasi dan alat lainnya, Anda dapat mengotomatisasi proses kerja Anda, meningkatkan efisiensi, dan menghemat waktu. Eksplorasilah berbagai integrasi yang tersedia dan temukan cara terbaik untuk meningkatkan fungsionalitas formulir Google Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menyimpan dan Mengatur Formulir

Terakhir, setelah Anda mengedit dan mengonfigurasi formulir Google, pastikan untuk menyimpan dan mengatur formulir dengan baik. Google Drive menyediakan opsi untuk menyimpan formulir dalam folder yang tepat untuk memudahkan akses dan pengelolaan di masa depan. Untuk menyimpan formulir, klik tombol “Simpan” di pojok kanan atas layar. Jika Anda ingin mengatur formulir ke dalam folder, buka menu “Pindahkan ke” di bagian atas formulir dan pilih folder yang diinginkan. Jika folder yang Anda inginkan belum ada, Anda dapat membuatnya dengan mengklik opsi “Buat folder baru”.

Dengan menyimpan dan mengatur formulir dengan baik, Anda akan dapat dengan mudah menemukan dan mengelola formulir di Google Drive Anda. Pastikan untuk memberikan nama yang deskriptif untuk formulir Anda dan menempatkannya dalam folder yang sesuai untuk membantu Anda mengorganisir dan menavigasi formulir dengan mudah di masa depan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat mengedit dan mengonfigurasi formulir Google dengan mudah dan efisien. Jangan ragu untuk menyesuaikan formulir sesuai kebutuhan Anda dan menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti survei, pendaftaran, atau pengumpulan data. Ingatlah untuk selalu memeriksa tanggapan yang masuk dan memperbarui formulir Anda secara teratur untuk memastikan formulir tetap relevan dan efektif. Selamat mengedit formulir Google Anda!

Leave a Reply